Breaking News
perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas
perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas

Perbedaan Bisnis Online Dan Offline Berdasarkan Efektivitas

Maskromo.com – Bicara mengenai perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas itu ada beberapa yang perlu Anda tahu , meski memiliki prinsip yang sama dalam hal penjualan barang / produk tertentu maupun jasa

Sebenarnya memiliki bisnis online menurut saya adalah yang paling mudah di lakukan dan tidak memerlukan biaya yang besar bahkan nol rupiah . tentunya Anda akan penasaran , wong bisnis kok tanpa modal bisa menghasilkan uang yang melimpah .

perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas
perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas

Tentunya jika orang awam tentang teknologi akan berpikir itu adalah hal omong kosong . tetapi bagi mereka yang sudah paham di era modern yang semuanya serba digital , maka mereka akan memahaminya .

Perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas

Ada perbedaan yang mendasar mengenai bisnis online maupun bisnis offline , untuk itu saya akan kupas satu persaatu agar mudah di pahami dan di mengerti .

1.   Perbedaan modal yang di perlukan untuk menjalankan bisnis

Untuk menjalankan bisnis offline memerlukan modal yang lumayan besar seperti biaya stok barang yang akan di jual , biaya sewa ruko / lahan yang akan di jadikan lahan bisnis , biaya transportasi , dan masih banyak biaya lainnya .

Sedangkan jika Anda menjalankan bisnis online , Anda tidak memerlukan biaya yang besar , cukup laptop / handphone dan juga dengan kuota internet . contoh mudahnya saja jika Anda memiliki bisnis dropshiper / reseller .

Artikel Menarik   Cara Belajar Bisnis Online Tanpa Modal

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyetok barang , Anda hanya memasarkan saja lewat internet saja . tentunya tanpa mengeluarkan uang yang besar untuk menyetok barang , tentunya lebih efektif bisnis online .

2.   Perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas dalam hal pemasaran

Jelas sekali jika bisnis offline , pemasaran akan terbatas karena konsumen yang membeli produk Anda adalah orang-orang yang ada di sekitar toko Anda berada . Anda juga harus melakukan promosi dengan membuat brosur maupun papan iklan agar banyak orang yang melihat dan tertarik dengan produk yang Anda jual .

Bisnis offline mengharuskan penjual maupun pembeli untuk bertemu langsung dan melakukan tawar menawar barang . tentunya memang lebih meminimalir penipuan mungkin ini salah satu keuntungan jika antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung .

Sedangkan jika bisnis online pemasarannya melalui internet baik itu lewat media sosial facebook , promosi lewat instagram , bahkan juga dengan menggunakan website toko online . tentunya dengan media sosial ini jangkauan akan lebih luas bahkan tak terbatas .

Produk Anda akan di temukan di mana saja oleh pengguna internet dan media sosial yang tersebar di seluruh Indonesia . sehingga kemungkinan terjadinya pembelian juga akan meningkat karena banyak yang melihat produk Anda .

Tentunya tidak terlalu banyak biaya yang akan Anda keluarkan untuk memasarkan produk Anda tersebut . karena bisa upload produk Anda di media sosial secara gratis . namun jika Anda ingin menjangkau orang-orang tertarget Anda juga bisa menggunakan facebook ads , ig ads agar engagement produk meningkat dengan cepat dan banyak  konversi penjualan tentunya .

Artikel Menarik   4 Bisnis Online Gratis Tanpa Modal Langsung Dapat Uang | TERBUKTI

Kalau menggunakan iklan ini Anda harus keluar uang , namun jangan takut melakukannya karena jika Anda sudah menguasai teknik dan ilmunya . investasi uang yang Anda keluarkan akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan .

Tentunya masalah efektivitas akan cenderung bisnis online sebagai yang terbaik . karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung . cukup lewat internet atau juga lewat aplikasi chat untuk melakukan tawar menawar barang . sehingga banyak waktu tidak terbuang untuk hanya menjual barang cukup dengan menggunakan ponsel Anda untuk order suatu barang .

Apalagi sekarang pertumbuhan pembelian secara online makin cepat berkembangnya dengan pesat di Indonesia . banyak marketplace yang tersedia seperti tokopedia , bukalapak ,shopee , lazada , blibli dan lainnya .

Jika Anda seorang penjual produk bisa mendaftar untuk menjadi seorang seller di marketplace tersebut , bagi Anda seorang reseller juga bisa melakukannya .

3.   Perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas dalam hal customer experience

Pengalaman pengguna suatu produk yang telah membeli barang pada toko tertentu akan berbeda dalam hal reviewnya . jika bisnis offline maka jika pengalaman pengguna bagus maka dia akan membagikan pengalamannya kepada teman-temannya dan terbatas pada lingkungan dia saja .

Berbeda dengan bisnis online yang menjual produknya di marketplace online yang ada di Indonesia . maka pengguna yang puas dengan produk yang di belinya secara online bisa membagikan pengalaman dan review barangnya di kolom yang disediakan .

Artikel Menarik   5 Dampak Online Shop Terhadap Perekonomian Indonesia

Tentunya review yang di berikan pada toko yang ada di marketplace tersebut akan di baca oleh banyak orang dari seluruh Indonesia . tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pemilik toko , semakin banyak yang review positif di kolom tersebut .

Maka akan mendorong banyak orang pengguna lain untuk membeli produk tersebut tanpa banyak berpikir lama . inilah mengapa bisnis online lebih efektif dari pada  bisnis offlline .

4.   Jangkauan yang luas  

Perbedaan yang sangat keliatan jika membandingkan antara bisnis online dan bisnis offline adalah dalam hal jangkauannya .

Seperti yang telah saya singgung di atas jika bisnis online memiliki jangkauan yang luas sekali bisa menjangkau konsumen yang ada di seluruh wilayah indonesia yang bisa mengakses internet dan toko online yang ada di Indonesia .

Perlu Anda ketahui perkembangan bisnis online semakin pesat karena pola belanja masyarakat Indonesia yang sedikit telah berubah sedikit demi sedikit beralih belanja via online .

Karena memang tidak ribet , tidak perlu keluar rumah , tidak perlu transport dan pilihan yang banyak dan lengkap di toko online yang ada . dengan segala fasilitas dari toko online sampai jasa pengiriman . tentunya tak heran jika bisnis online akan tumbuh subur di indonesia bahkan dunia .

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan bisnis online dan offline berdasarkan efektivitas telah saya uraikan dengan sejelas-jelasnya menurut pandangan saya tentunya . mungkin sekian dulu dari saya , semoga memberi insight untuk Anda untuk memulai usaha bisnis online . terimakasih

Originally posted 2021-02-05 06:45:36.

Tinggalkan Balasan