Latar Belakang Bisnis Online Shop Dan Perkembangannya

Latar belakang bisnis online shop – Semakin lama teknologi semakin berkembang. Yang dulunya manual, kini sudah serba otomatis. Yang dahulunya harus tatap muka kini sudah bisa jarak jauh. Yang dahulunya terhubung kabel, kini sudah bisa wireless. Demikian pula dengan dunia bisnis. Mengikuti perkembangan teknologi, dunia bisnis makin beragam dan semakin modern.

Salah satu yang menjadi indikatornya adalah penggunaan gadget. Dahulu telepon genggam hanya bisa untuk sms dan telepon. Lalu berkembang dengan kemampuan menjelajah dunia internet. Dengan kecepatan yang sangat kecil dan kuota yang hanya ukuran tak lebih dari 5 MB sudah bisa berselancar bebas.

Latar Belakang Bisnis Online Shop
latar belakang bisnis online

Kini ponsel sudah berevolusi menjadi sebuah perangkat yang super modern. Bahkan hampir bisa melakukan apa saja hanya dengan sebatang ponsel. Smartphone adalah istilah yang disematkan kepada ponsel-ponsel yang memiliki kemampuan yang luar biasa.

Bukan hanya teknologi ponsel yang berevolusi, komputer, tv dan lain sebagainya juga berkembang pesat. TV bukan hanya sekedar untuk menonton channel tv saja, tapi sekarang sudah bisa untuk mengakses internet. Dan perkembangan teknologi lainnya yang sangat banyak untuk dijelaskan.

Latar Belakang Bisnis Online Shop  

Sebenarnya latar belakang bisnis online shop di Indonesia adalah karena semakin tenar dan berkembangnya penggunaan internet , untuk Indonesia sendiri toko online pertama yang muncul adalah TOKO BAGUS di mana online shop ini berdiri sekitar tahun 2000 an . dimana toko ini menjuala ebook dan jamu kuat untuk pria .

Namun sayangnya makin banyaknya kasus penipuan yang terjadi pada saat itu , maka orang semakin takut untuk membeli barang secara online . dan akhirnya pada tahun 2005 ,  mulailah bermunculan kembali toko online shop yang lebih kredibel dengan sistem yang lebih modern dan mengurangi risiko penipuan yang merugikan pembeli hingga saat ini .

Munculnya Budaya Online Shopping

Dari segala perkembangan teknologi yang ada, membuat orang-orang semakin dimanja. Mereka tidak perlu capek-capek keluar rumah untuk mendapatkan sesuatu barang yang diminta. Semua bisa dilakukan dari dalam rumah, dan hanya dalam genggaman tangan.

Inilah kegiatan belanja dalam jaringan (daring) yang memanfaatkan teknologi internet untuk saling terhubung. Internet menghubungkan dua pihak yang terlibat dalam transaksi, yakni penjual dan pembeli. Namun belakangan muncul pihak ketiga yang bertugas mengamankan transaksi antara pihak pertama dan kedua.

Karena mudahnya akses dan dapat menyingkat waktu, kegiatan online shopping makin digemari oleh khalayak. Berbagai teknologi dalam online shopping terus dikembangkan hingga saat ini untuk menumbuhkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Berbagai barang seperti: sepatu, baju, tas, bahkan televisi dan meja kursi bisa didapatkan hanya dengan segenggam HP.

Pengaruh Kegiatan Online Shop Terhadap Bisnis

Melihat begitu aktifnya kegiatan online shop yang dilakukan oleh banyak orang, maka banyak pebisnis yang mulai melirik dunia maya sebagai ladang untuk usaha mereka. Banyak hal yang bisa mereka lakukan di dunia online untuk memperkaya perusahaan mereka.

Online shop bisa dipilih karena kemudahan dalam melakukannya. Selain itu juga tidak membutuhkan dana yang terlalu banyak, juga ruang yang tidak perlu luas. Yang dibutuhkan adalah akses internet, foto produk, perangkat (HP/Laptop), dan sedikit waktu untuk mengelola, maka bisnis online shop sudah bisa dijalankan.

Sebagaimana disebut di awal, tujuan dari bisnis online shop ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk yang nantinya berimbas pada kesejahteraan dan kemakmuran, baik karyawan maupun untuk owner bisnis itu sendiri.

Produk yang Dijual Secara Online

Sudah tahu latar belakang bisnis online shop selanjutnya anda harus tahu juga barang yang paling di cari di toko online . sekarang ini bisnis online bukanlah bahasa yang asing bagi masyarakat Indonesia saat ini. Apalagi untuk yang sering berkelana di jagad maya. Banyak yang mengartikan bisnis online adalah bisnis yang dilakukan dengan teknologi internet. Yang mana tempat promosi dan penjaringan konsumen dilakukan secara online.

Lalu apa barang yang bisa dijual melalui online? Tidak terbatas barang apa yang dijual. Hampir semua jenis barang bisa dijual online. Jadi apapun bisnisnya bisa dikembangkan melalui dunia online. Ilmu bisnis ini disebut Internet Marketing.

Barang yang dijual bisa apa saja mulai barang yang kecil seperti, sepatu, dompet, kacamata, gelang dan perhiasan, serta barang-barang kecil lainnya. Barang elektronik juga memiliki prospek bagus jika dijual secara online. Handphone, Laptop, TV, bahkan sparepart seperti RAM, SSD, HDD, dan sejenisnya.

Bukan hanya barang berukuran kecil, barang yang sedikit besar juga bisa dijual online, seperti meja, kursi, mesin cuci, dan perabotan lainnya. Hal ini dengan memanfaatkan jasa ekspedisi yang memang dikhususkan untuk barang-barang berukuran besar, seperti JNE Trucking, JNT Truck, Go-box, dan lain sebagainya.

Prospek Lain Bisnis Online Shop

Ada banyak teknik yang bisa dipelajari untuk memperlancar usaha di dunia online. Ilmu-ilmu ini disebut ilmu Internet Marketing. Sedangkan orang-orang yang menguasai ilmu ini serta berhasil mempraktekkannya disebut Internet Marketer.

Jika kita menguasai ilmu ini dan bisa mempraktekkannya dengan baik, serta terbukti bisa meningkatkan konversi dan penjualan, maka akan mendapat banyak sekali keuntungan. Keuntungan yang didapat bukan hanya dari bisnisnya saja, melainkan juga bisa dari bisnis orang lain. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Saat ini ada banyak perusahaan yang membuka lowongan sebagai admin online shop. Adapun job desknya adalah mengelola sebuah akun toko online yang telah disediakan oleh perusahaan. Jika berhasil memenuhi target atau minimal bisa memperbesar nilai konversi penjualan maka akan mendapat fee atau upah yang cukup menggiurkan.

Dengan demikian, berbisnis secara online sangat boleh dicoba. Mengingat keuntungan yang didapat dan manfaatnya untuk perkembangan bisnis sendiri yang sudah berjalan offline. Selain itu adanya manfaat lain yang bisa didapat dari bisnis orang lain untuk diri kita sendiri.

Kesimpulan

Mungkin itu yang bisa sampaikan mengenai latar belakang bisnis online shop yang perlu Anda tahu dan perkembangannya di Indonesia . banyak kemudahan yang terjadi di saat budaya beli secara online semakin populer . tentunya pebisnis offline yang tidak mengikuti trends perkembangan jaman akan tertinggal dan usahanya akan mengalami kemunduran . sekian dari saya , wassalamualaikum wr . wb .

Tinggalkan Komentar