Perencanaan Keuangan Usaha

Perencanaan Keuangan Usaha

Bagi seorang pebisnis harus tahu dan paham mengenai perencanaan keuangan usaha , agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik dan berkembang dengan pesat .

Memulai bisnis itu memang susah , perlu modal yang tidak sedikit , namun ada juga bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan orang dengan hasil yang melimpah . tentunya pandai – pandai kita dalam mengelola bisnis itu bagaimana . 

Melakukan perencanaan keuangan usaha dianggap perlu agar modal usaha yang anda miliki dan juga keuntungan yang diperoleh bisa dioptimalkan nantinya . banyak pebisnis pemula yang baru merasakan keuntungan yang berlebih , tidak mampu mengelola sifat konsumtifnya .

Sehingga mereka terjebak dengan gaya hidup yang foya – foya setelah berhasil menjalankan bisnis . uang yang digunakan untuk bisnis terkadang tidak sengaja di gunakan untuk kebutuhan konsumtif yang akhirnya jika usaha yang dijalankan mengalami penurunan , maka mereka akhirnya juga kekurangan modal dan akhirnya usaha yang dijalankan menjadi gulung tikar . 

Tips perencanaan keuangan usaha agar bisa sukses 

Di bawah ini sudah saya kumpulan hal – hal mengenai perencanaan keuangan usaha yang harus anda mengerti agar usaha anda bisa eksis sepanjang waktu , di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Bisa memisahkan uang pribadi dengan uang usaha 

Ini salah satu hal yang krusial yang kebanyakan pebisnis pemula terjebak di dalamnya , mereka tidak mengatur keuangan yang mereka miliki . uang hasil usaha digunakan untuk hal pribadi dalam jumlah besar .

Mencampur uang pribadi dengan uang usaha sering dilakukan sehingga mereka tidak tahu berapa keuntungan yang mereka dapatkan . terkadang ada juga yang tidak sadar jika usaha yang dilakukan mengalami kerugian . 

Akibat mereka tidak bisa memisahkan uang pribadinya dengan usahanya , jadi hitungan – hitungan antara laba dan rugi menjadi tidak jelas .

2. Memisahkan uang rekening pribadi dan rekening bisnis 

Perencanaan keuangan usaha yang perlu dilakukan lainnya adalah memisahkan antara uang rekening pribadi dan juga rekening bisnis . tujuannya adalah uang tidak tercampur seperti yang saya katakan di atas tadi .

Jika uang di pisahkan dalam beda rekening  , anda akan dengan mudah untuk melihat kondisi keuangan perusahaan anda / bisnis anda . apakah anda mendapatkan keuntungan yang banyak atau sedikit atau malah merugi .

3. Bisa menguasai dan memahami akuntansi dasar 

Salah satu perencanaan keuangan usaha yang perlu dikuasai adalah ilmu akuntansi . meski tidak expert anda harus tahu dasarnya . 

Misalnya saja , berapa uang yang masuk saat ada penjualan , dan juga biaya yang diperlukan dalam menjalankan usaha misalnya saja gaji karyawan berapa , angkutan yang digunakan habis berapa dan lain sebagianya .

4. Bisa mengawasi alur kas 

Perencanaan keuangan usaha yang perlu anda pahami adalah bisa tahu alur kas dalam usaha anda . kemana uang dibelanjakan . dan berapa uang yang masuk ke dalam rekening .

5. Mengatur persediaan barang

Perencanaan keuangan usaha selanjutnya adalah  mengatur persedian barang , meliputi dimana tempat penyimpanan apakah sudah memiliki tempat sendiri atau masih menyewa yang tentu saja ada anggaran yang dikeluarkan untuk itu .


Tinggalkan Komentar

Scroll to Top