Pengaruh Bisnis Online Terhadap Bisnis Offline Saat Ini

Maskromo.com – Bicara mengenai pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline tentunya akan banyak hal yang terjadi , mulai dampak positif sampai dampak negatifnya . untuk itu melalui artikel ini akan coba untuk mengulasnya.

Di era digital sekarang ini dimana koneksi internet menjadi sesuatu yang banyak di gunakan oleh banyak masyarakat Indonesia . dimana menurut data survei , lebih dari separuh masyarakat Indonesia telah mengakses internet setiap harinya baik anak muda maupun orang dewasa bahkan juga anak-anak .

Pengaruh positif bisnis online terhadap bisnis offline
Pengaruh positif bisnis online terhadap bisnis offline

Hal ini seiring dengan penggunaan smartphone canggih yang terkoneksi dengan internet , di mana masyarakat Indonesia bisa berselancar di internet dimana saja dan kapan saja tidak seperti dahulu yang harus menggunakan komputer / laptop .

Adapun pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline memang akan terasa sekali ke depannya . namun meskipun bisnis online akan berkembang dengan cepat , bisnis offline tak akan pernah mati nantinya .

Karena tidak semua penjualan perlu di lakukan dengan menggunakan internet , contoh kecilnya saja jika Anda membutuhkan cabe atau lombok , semen , bahan bangunan Anda tak perlu membelinya di toko online , karena memang di pasar dan toko offline menyediakannya .

Beberapa pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline

Ada beberapa pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline yang perlu Anda tahu jika saat ini Anda masih menjalankan bisnis offline . jika Anda rasa penjualan produk Anda mulai seret pembeli Anda harus mulai cari tahu apa penyebabnya .

Jangan sampai berdiam diri untuk menjalankan usaha , perlu melakukan berbagai hal dan promosi agar barang yang Anda jual laris di pasaran sehingga usaha tidak akan mengalami kebangkrutan .

Dalam bisnis itu harus terus belajar dan belajar dengan apa yang di butuhkan oleh konsumen saat ini apa , Anda harus bisa mengikuti trends cara belanja masyarakat sekarang ini .

Pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline pada sisi negatif

1.    Penjualan omzet yang menurun

Dampak yang akan terasa sekali sekarang ini bagi penjual tradisional adalah menurunnya omzet , karena pembeli barang – barang tertentu menurun drastis . karena masyarakat sekarang ini telah berubah cara belanjanya .

Mereka sekarang ini berbelanja secara online di toko online yang makin banyak di Indonesia dari toko online kecil sampai toko online besar yang ada di Indonesia seperti berbelanja di tokopedia , shopee , bukalapak , lazada dan marketplcae lainnya .

Tentunya toko konvensional yang menjual barang secara offline akan terpojok nantinya . karena sekarang ini kebutuhan barang apa saja bisa di temukan di toko online , apalagi dengan harga yang relatif murah .

2.    Berkurangnya tenaga kerja di bisnis offline

Dampak yang terasa jika bisnis online merajai adalah , semakin tergusurnya toko offline di pusat perbelanjaan , karena memang tidak mampu berdiri karena seretnya penjualan sehingga mengakibatkan toko banyak yang tutup .

Toko yang tutup membuat lapangan pekerjaan di sektor bisnis offline menjadi berkurang nantinya . namun di toko lain yang menjalankan bisnis online justru akan meningkat kebutuhan tenaga kerjanya untuk melakukan packing barang dan pekerjaan lain dalam hal distribusi barang misalnya .

Pengaruh positif bisnis online terhadap bisnis offline

Sedangkan dampak positif dengan semakin berkembangnya bisnis online adalah semakin banyak pebisnis online muda yang muncul dan memulai menjalankan bisnis online ini di bandingkan dengan bisnis offline .

Bisnis offline yang dahulunya hanya menarget pasar di daerah / wilayah di mana toko offline itu ada , karena pemiliknya sudah mengikuti trends dengan menjualnya juga di media sosial , dan menjadi seller di toko online .

Maka toko offline ikut menggeliat karena pasar yang di jangkau akan semakin luas , tentunya karena jangkauan pasar yang luas maka kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin tinggi .

Tentunya toko offline yang di pasarkan dengan cara online akan meningkatkan omzet dan melipatgandakan penghasilan yang dahulunya hanya mengandalkan penjualan secara offline .

Selain itu dampak positit bisnis online adalah semakin berkembangnya usaha pengiriman barang / ekspedisi . tentunya jasa pengiriman barang akan semakin di butuhkan karena berbelanja secara online membutuhkan kurir agar barang di paketkan sampai ke pembeli .

Semakin meningkatnya jasa pengiriman paket makin banyak juga kebutuhan armada pengangkutan barang seperti mobil pickup , truk , sepeda motor dan lain sebagainya . tentunya akan berkesinambungan di sektor industri lain dan juga meningkatnya kebutuhan tenaga kerja bagian pengiriman paket baik kuli pengangkut maupun kurirnya .

Selain itu industri yang bergerak dalam bidang internet juga akan meningkat usahanya seperti konter pulsa , toko laptop dan toko lain yang berhubungan dengan jaringan internet .

Adapun perbandingan antara bisnis online dan  bisnis offline sudah saya tuliskan di artikel lainnya . jika ingin mengetahui detailnya silahkan baca sudah saya tuliskan lebih detail .

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai pengaruh bisnis online terhadap bisnis offline yang bisa saya tuliskan , semoga menambah pengetahuan Anda mengenai bisnis . suskes terus dengan usaha Anda , terimakasih dan sampai jumpa lagi .

Tinggalkan Komentar