Kumpulan Aplikasi Linux

10 Kumpulan Aplikasi Linux

Kumpulan Aplikasi Linux – Untuk informasi kali ini saya akan membagikan berbagai macam kumpulan aplikasi linux yang perlu anda install jika anda ingin menggunakan linux sebagai os di perangkat anda . memang perlu belajar untuk menggunakan os linux yang mana sangat berbeda tampilannya dengan os windows .

Konsumen distro Linux terkini bisa jadi sedang membikin- bikin apa saja aplikasi yang terdapat di sistem Linux. Apabila kamu sempat memakai sistem pembedahan pc tidak hanya Linux, bisa jadi aplikasi di sistem Linux berlainan dengan aplikasi yang lazim kamu maanfaatkan pada sistem pembedahan pc yang lain. Selanjutnya ini 10( 10) aplikasi yang hendaknya kamu install di sistem Ngilu.

Kala kita memilah distro Linux, hendaknya samakan dengan keinginan. Banyak sekali distro Linux yang ada dengan bermacam versi desktop dari yang bentuknya simpel sampai yang modern serta elok. Maanfaatkan desktop environment yang cocok dengan detail perangkat keras pc yang hendak di install distro Linux. Hendaknya, apabila kamu mempunyai pc desktop atau laptop dengan detail perangkat keras sedikit, maanfaatkan distro Linux dengan desktop environment yang enteng, semacam misalnya: XFCE, LXDE ataupun LXQT.

Apabila kamu merupakan konsumen distro Linux terkini, hendaknya seleksi distro Linux dengan desktop yang gampang dipakai, semacam misalnya: Linux Mint. Tetapi, apabila kamu mau mempunyai pengalaman lebih serta mau menekuni sistem pembedahan Linux dari bawah hingga komplet, kamu bisa memilah distro Linux yang memanglah sediakan sarana itu, semacam misalnya: Arc Linux.

Kumpulan Aplikasi Linux Yang Hendaknya Kamu Install

Walaupun distro Linux ada amat banyak, aplikasi yang dipakai di bermacam distro Linux mengarah serupa. Bisa jadi yang berlainan antara distro Linux yang satu dengan yang yang lain cuma desktop environment serta metode mengoperasikannya saja.

Kala kita menginstall sistem pembedahan Linux, tidak seluruh distro Linux melibatkan aplikasi yang komplit dalam cara instalasinya. Buat memenuhi keinginan kamu dalam berakivitas memakai pc, hendaknya 10( 10) aplikasi selanjutnya ini terdapat di dalam sistem Linux yang kamu maanfaatkan.

1. Kumpulan Aplikasi Linux – LibreOffice

Selaku aplikasi perkantoran berplatform open source, LibreOffice memanglah sepatutnya kamu install di sistem Linux yang kamu maanfaatkan. Tidak cuma sistem Linux saja, LibreOffice bisa dignakan pula pada sistem Windows serta OS X. Walaupun bertabiat free, LibreOffice mempunyai fiture yang lumayan komplit serta bisa jadi pengganti terbaik pengganti Microsoft Office.

Nyaris tiap konsumen pc memakai aplikasi perkantoran buat bermacam kebutuhan. Cocok dengan gunanya, aplikasi perkantoran memanglah salah satu aplikasi pc yang amat dibutuhkan, tidak cuma buat menulis akta bacaan saja, tetapi bisa pula dipakai buat kebutuhan yang lain, semacam misalya: Membuat pengajuan, database, kalkulasi informasi numeric serta lain serupanya.

2. Mozilla Firefox Browser

Apabila kita senang melaksanakan browsing memakai alat internet, memakai peramban web website yang bagus pasti hendak melegakan kita dalam menjelajahi bumi maya. Tidak cuma itu saja, peramban web website yang enteng serta kilat pasti lebih banyak digemari serta salah satu yang sangat terkenal dikala ini ialah Mozilla Firefox Browser. ini adalah salah satu Kumpulan Aplikasi Linux saat ini .

Dengan bermacam fiture menarik yang dibawa oleh Firefox, pasti hendak membuat kita lebih aman dalam mendatangi bermacam web website buat mencari data, informasi, film, audio serta bermacam kebutuhan yang lain. Firefox banyak dipakai selaku aplikasi default sistem bermacam distro Linux terkenal tercantum Linux Mint, Ubuntu serta Debian. Apabila kamu tidak sangat senang dengan Mozilla Firefox, selaku pengganti kamu bisa memakai Google Chrome, Vivaldi ataupun Opera Browser.

3. Gimp( Gnu Image Manipulation)

Melaksanakan editing gambar memanglah bukan kegemaran seluruh orang. Tetapi, apabila kamu kerap memakai pc, bisa jadi sesekali butuh memegang aplikasi editing lukisan atau gambar buat hanya membuat koleksi gambar kesayangan kamu lebih nampak menarik serta pasti kamu hendak lebih senang memandang koleksi gambar yang kamu punya.

Gimp ialah salah satu aplikasi editing file lukisan dengan fiture yang lumayan komplit. Aplikasi ini bisa jadi pengganti terbaik pengganti Photoshop( Windows). Apabila kamu senang dengan editing lukisan serta photografi yakinkan Gimp terdapat di sistem pc yang kamu maanfaatkan. Tidak cuma di Linux saja, Gimp pula bisa dipakai pada sistem Windows serta OS X.

4. VLC Alat Player

Kumpulan Aplikasi Linux lainnya adalah vlc alat player . Tentu telah pada tahu dengan alat player yang satu ini. Betul, VLC Alat Player ialah player film serta audio yang powerfull serta banyak hendak fiture yang menarik. VLC tidak cuma bisa dipakai buat mencermati nada ataupun menyaksikan filem saja, tetapi bisa dipakai pula buat membekuk lukisan layar pc ataupun film yang lagi diputar.

Tidak cuma itu saja fiture menarik yang lain yang dipunyai VLC ialah bisa mengubah( convert) bentuk film dalam bermacam bentuk cocok dengan yang kita mau. Apabila kamu lagi mencari aplikasi alat player( Offline& Online), VLC dapat jadi opsi terbaik buat melegakan hasrat kamu dalam memutar file audio& film.

5. RedShift( Pengaturar Temperatur Warna Layar Alat pemantau)

Warna pada layar alat pemantau mempunyai kadar temperatur yang berbeda- beda. Apabila kamu mempunyai pc individu, bagus itu pc desktop, laptop ataupun netbook, hendaknya cermati temperatur warna layar pc yang kamu maanfaatkan. Pengaturan warna layar pc bisa menghindari mata jadi kilat letih serta pasti saja perihal ini hendak menghindari ataupun melambatkan kehancuran pada mata.

Saat ini banyak produsen pc serta ponsel pintar yang melibatkan fiture“ eye protector“ buat menghindari mata lebih kilat cacat dampak lama memakai pc ataupun ponsel pintar. Fitur lunak penjaga mata ini berbentuk aplikasi yang hendak menata dengan cara otomatis serta buku petunjuk temperatur warna pada layar pc.

Konsumen distro Linux bisa mengenakan aplikasi yang bernama RedShift buat menata temperatur warna layar pc dengan cara otomatis. Redshift bertabiat free serta“ open source”, biasa serta enteng berjalan di sistem pc. Redshift bertugas bersumber pada pengaturan alam durasi pada sistem pc yang kamu maanfaatkan. Dengan cara otomatis, temperatur warna layar pc hendak bertukar pada pagi serta petang cocok dengan pengaturan pada Redshift.

6. Kumpulan Aplikasi Linux – Inkscape

Apabila lebih dahulu kamu sempat memakai sistem Windows, bisa jadi telah tidak asing dengan aplikasi konsep lukisan vektor yang bernama Corel Draw. Pada sistem Linux kita bisa memakai aplikasi dengan guna yang serupa semacam Corel Draw. Aplikasi ini bernama Inkscape yang ialah aplikasi kreator lukisan vektor grafis dengan fiture yang komplit.

Inkscape tidak cuma bisa berjalan di sistem Linux saja, konsumen sistem Windows pula bisa memakai aplikasi ini. Inkscape bertabiat free serta open source, amat sesuai untuk kamu yang senang membuat konsep logo, banner ataupun lukisan yang lain.

Inkscape bisa dinstall dengan gampang di sistem Linux, banyak distro Linux terkenal yang melibatkan Inkscape pada repositorinya. Kamu bermukim ketik sudo apt install inkscape di halte Linux buat memakai aplikasi ini. Sebaliknya buat sistem Windows serta OS X, kamu bisa unduh file installernya pada alamat web website https: atau atau inkscape. org. Inkscape pula ada di snap Ubuntu, kamu bisa install Inkscape lewat snap Ubuntu.

7. Gparted

Walaupun distro Linux yang kamu maanfaatkan telah dilengkapi dengan aplikasi administrator disk, bentuk USB, partisi hardisk serta aplikasi semacam yang lain. Kayaknya kurang komplit apabila belum ada Gparted di sistem pc. Aplikasi ini bisa melaksanakan bermacam perlakuan pada alat penyimpanan pc, semacam misalnya: Hardisk serta USB Flashdisk.

Gparted bisa dipakai dengan cara free serta cara instalasinya pula gampang. Apalagi kamu bisa mengunakan file ISO Gparted buat dijalani dengan cara LIVE pada USB Flashdisk. Gparted bisa berjalan dengan bagus pada sistem Linux, Windows serta OS X. Buat memakai aplikasi ini, konsumen Linux lumayan ketik sudo apt install gparted di halte, sebaliknya konsumen sistem Windows serta OS X bisa unduh file installer Gparted.

8. gThumb( Photo Manager)

Aplikasi administrator gambar serta lukisan default Desktop Gnome ini memanglah mempunyai fiture yang lumayan komplit. Apabila kamu senang mengumpulkan gambar atau lukisan, bagus itu gambar individu ataupun bisa jadi kamu kegemaran melaksanakan kegiatan fotografi, pasti membutuhkan fitur lunak buat menata serta menunjukkan koleksi gambar yang kamu punya. Konsumen distro Linux dengan desktop Gnome bisa memakai aplikasi penampil serta pengatur lukisan yang bernama gThumb.

Walaupun ditujukan buat area desktop Gnome, gThumb bisa pula berjalan di area desktop linux yang lain. Cuma saja, bisa jadi sebagian fiture dari gThumb tidak bisa berperan dengan bagus, paling utama fiture yang tersinkronasi dengan aplikasi ataupun guna pada desktop Gnome. Tetapi, dengan cara biasa gThumb bisa dipakai pada lingkugan desktop berplatform Gnome.

9. Kumpulan Aplikasi Linux – Shutter( Screenshot)

Banyak metode buat mengutip lukisan pada layar pc, dapat memakai campuran tombol keyboard ataupun aplikasi“ screenshot”. Walaupun banyak ada aplikasi screenshot yang dapat kamu maanfaatkan, Shutter ialah opsi terbaik dengan fiture yang komplit. Apabila kamu kerap mengutip lukisan pada layar pc, hendaknya aplikasi ini terdapat di sistem pc yang kamu maanfaatkan.

Shutter bisa mengutip lukisan dalam bermacam metode serta kita hendak dimudahkan buat mengutip lukisan yang terdapat di layar pc. Tidak cuma itu saja, Shutter pula dilengkapi dengan fiture mengutip lukisan semua laman website site dengan memakai plugin gnome- web- photo. Tidak hanya mengutip lukisan, Shuter pula dilengkapi dengan sarana editing lukisan simpel, tercantum“ crop lukisan, ciri panah, no serta lain- lainnya”. Amat sesuai dipakai untuk kamu yang hobi membilai lukisan dalam akta yang kamu catat.

10. Geany( Text Pengedit& Ilham)

Geany ialah“ text pengedit” yang memakai Scintila serta GTK+. Geany tidak cuma bisa dipakai selaku“ text pengedit” saja, dengan plugin yang lumayan komplit, Geany jadi salah satu Ilham( Integrated Development Environment) yang banyak dipakai oleh mereka yang hobi coding. Geany bisa di install di sistem pembedahan Linux, Windows serta OS X.

Geany mempunyai bentuk yang bersih dengan bentuk bacaan( isyarat) yang tertata apik. Amat mengasyikkan memakai Ilham yang satu ini. Geany berjalan enteng di sistem pc alhasil tidak sangat menyantap pangkal energi. Amat sesuai dipakai buat editing isyarat dalam bermacam bahasa pemrograman( C, C++, C#, Java, JavaScript, PHP, HTML, LaTeX, CSS, Python, Perl, Ruby, Pascal, Haskell, Erlang, Vala serta lain- lainya)

Kesimpulan

Linux ialah sistem pembedahan pc berplatform“ open source”. Kita bisa memakai sistem pembedahan pc ini dengan cara free serta sah. Aplikasi yang ada di sistem Linux beberapa besar pula bertabiat“ open source” serta free. Linux bisa berjalan di pc dengan detail perangkat keras kecil hingga yang baik. Pihan desktop yang beraneka ragam membuat konsumen Linux bisa memilah desktop cocok kemauan ataupun samakan dengan spek perangkat keras pc yang kamu punya.

Tinggalkan Komentar