Pengertian, Tujuan dan Tata Cara Konversi SKA Digital

Pengertian, Tujuan dan Tata Cara Konversi SKA Digital – SKA digital adalah salah satu cara yang digunakan untuk menjamin ketertiban administrasi untuk mencegah adanya pemalsuan Sertifikasi Keahlian (SKA).

Penerbitan SKA tersebut dalam bentuk elektronik yang dihasilkan dari aplikasi Sistem Informasi Konstruksi Indonesia dan dipakai oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

konversi ska digital

Sertifikat dalam bentuk elektronik memiliki kegunaan yang dianggap sama dengan sertifikat berbentuk fisik sesuai dengan aturan undang-undang.

Pemberlakukan kebijakan SKA, SKT dan SBU dalambentuk digital dapat dipakai dalam pelaksanaan layanan izin usaha jasa konstruksi dan terselanggaranya jasa konstruksi mampu menjaga ketertiban administrasi menjadi lebih efisien dan efektif.

Pengertian SKA di dalam Konservasi SKA Digital

SKA ialah sertifikat keahlian atau kemampuan yang penerbitannya melalui LPJK. Kemudian, sertifikat tersebut kepada tenaga ahli bangunan yang sudah memenuhi syarat kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan maupun keahlian tertentu.

Sekarang sudah ada 37 sertifikat dari berbagai jenis bidang yakni, arsitek, sipil, mekanikal, elektrikal, tata lingkungan dan lain sebagainya.

Kualifikasi tenaga ahli tersebut terdiri atas Ahli Muda, Ahli Madya dan Ahli Utama. bagi tnaga ahli yang memiliki SKA berupa sertifikat Ahli Muda dapat up grade menjadi Ahli Madya dan Ahli Madya up grade menjadi Ahli Utama.

Tujuan dari Konversi SKA Digital

Pemberlakukan SKA digital mempunyai tujuan agar proses pelaksanaan pengadaan barang maupun jasa, layanan izin usaha jasa konstruksi serta pelaksanaan terselenggaranya jasa lebih tertib dalam adminsitrasi.

Kelebihan Konversi SKA Digital

Bentuk sertifikat digital yang ditetapkan dalam LPJK mempunyai banyak keuntungan terutama dalam konversi SKA digital meliputi

  • Sertifikat elektronik dapat mencegah tindakan pemalsuan sertifikat yang kini semakin marak terjadi di lapangan. Secara otomatis, apabila sertifikat tidak muncul di dalam sistem LPJK maka keabsahan dari sertifikat tersebut patut diragukan.
  • Memudahkan proses lelang dengan adanya pemberlakukan sertifikat secara digital. Panitia dari hanya perlu membuka smartphone lalu melakukan scan barcode di tiap sertifikat.
Artikel Menarik   Kapan Bansos UMKM Cair 2021 Dan Cara Daftarnya

Syarat dan Bentuk Sertifikat SKA Digital

Berikut beberapa syarat permohonan baru sertifikat digital untuk tenaga kerja

  • Pengisian data diri pribadi
  • Pemindaian NPWP pihak pemohon untuk tenaga kerja kualifikasi jabatan ahli maupun analis
  • Pemindaian KTP dari pihak pemohon.
  • Melakukan swafoto pihak pemohon saat pendaftaran
  • Pengisian satu surat elektronik berupa email dan satu nomor telepon valid untuk setiap satu identitas

Bagi pemohon yang ingin melakukan permohonan konversi sertifikat dalam bentuk digital perlu penyertaan pindaian SKA untuk tenaga kerja

Apabila memiliki klasifikasi subbidang SKA maupun SKT lebih dari satu maka perlu dilakukan input maupun upload pindaian sertifikat setiap klasifikasi yang sudah dimiliki. Penggunaan sertifikat elektronik dapat dilakukan pencetakan.

Tata Cara Konversi SKA Digital

Berikut beberapa tahapan dalam melakukan konversi SKA digital yang nantinya dapat dilakukan untuk apply pekerjaan maupun keperluan sejenis.

  • Apabila berkeinginan untuk melakukan konversi SKA dan SKTK bentuk fisik ke dalam sertifikat berbentuk digital anda bisa membuka alamat situs berikut https://siki.lpjk.net/klaim-sertifikat-lpjk/administrator/register-tk.
  • Pemegang SKA maupun SKTK diharuskan melakukan pengisian kode keamanan aplikasi dan wajib menjamin sekaligus menyetujui kevalidan data yang diisi.
  • Setelah anda melakukan pengisian maupun submit data secara menyeluruh, maka selanjutnya dilakukan verifikasi. Apabila proses verifikasi tersebut berhasil maka akan diberi username dan password untuk membuka halaman login.
  • Bagi orang yang memiliki SKA maupun SKTK diharuskan untuk melakukan pengisian kelengkapan data-data pribadi.
  • Pihak LPJK akan melakukan verifikasi data dari pihak pemohon
  • Apabila proses verifikasi dinyatakan berhasil, maka pihak LPJK akan memberikan informasi atau pemberitahuan kepada pihak pemohon melalui surat eketronik maupun nomor telepon seluler untuk melakukan download sertifikat dalam bentuk digital degan memakai username dan password yang telah diberikan.
  • Apabila verifikasi tidak berhasil, maka pemegang sertifikat SKA atau SKTK bentuk fisik akan informasi bahwa data yang diinput tidak valid melalui surat elektronik maupun nomor telepon aktif.
Artikel Menarik   9 Tempat Download Software full version terlengkap, Gratis dan Aman

Alasan Konversi SKA Digital

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan memberikan himbauan agar tenaga pelaksana konstruksi melakukan konversi sertifikat fisik menjadi sertifikat digital.

Tenaga kerja yang memiliki sertifikat keahlian (SKA) maupun sertifikat keterampilan (SKT) diharuskan untuk melakukan konversi sertifikat yang dimiliki dari fisik ke digital kepada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

SKA/SKTK menjadi syarat utama bagi tenaga kerja untuk dapat melakukan akses ke akun SiPetruk memakai akun SIKI (Sistem Informasi Konstruksi Indonesia).

Tujuan dari adanya sertifkat digital tersebut dimaksudkan agar tenaga kerja dapat mencari pekerjaan maupun kualifikasi pekerjaannya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan profesional di lapangan.

Kesimpulan

Itulah panduan konversi SKA digital bisa Anda lakukan untuk memperoleh sertifikat elektronik untuk kebutuhan pendaftaran maupun kepentingan lain yang sejenis.

Pemakaian sertifikat konversi SKA digital demikian sangat membantu pihak perusahaan untuk mencari tenaga kerja berkualitas dan profesional sesuai keahlian. Selain itu, tenaga kerja bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan , semoga informasi ini bisa berguna untuk anda pembaca website maskromo.com .

Tinggalkan Balasan