5 Dampak Online Shop Terhadap Perekonomian Indonesia

Jayaherlambang.com – Banyak sekali dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia saat ini , bisnis online menjadi salah satu model bisnis yang mengalami perkembangan yang sangat cepat .

Maka tak heran jika bisnis ini makin hari makin dilirik para pengusaha untuk melebarkan cara pemasarannya , selain itu orang biasa saja yang tidak memiliki modal bisa menjalankan bisnis online ini .

dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia
Dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia

Bisnis online terutama online shop semakin menjamur belakangan ini karena memang perubahan cara belanja masyarakat sekarang ini telah mulai berubah , dari cara belanja bertemu dengan penjual secara langsung berubah belanja online .

Memang banyak keuntungan kalau belanja secara online di antaranya harga yang relatif murah di bandingkan di pasar offline .serta pilihan barang yang banyak tersedia dengan beraneka ragam pilihan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen terutama yang sudah terbiasa dengan koneksi internet .

Dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia

Belanja online yang kian tumbuh subur di kalangan masyarakat membuat peredaran uang di bisnis online semakin besar . banyak penjual toko offline pun mulai mengikuti perkembangan zaman dengan membuat toko online / online shop tentunya memiliki dampak tertentu , adapun dampak online shop ini bagi perekonomian Indonesia adalah sebagai berikut :

1.   Dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia adalah meningkatnya pemasukan negara dari pajak

Banyak marketplace besar yang ada di Indonesia yang tumbuh sangat pesat dan memiliki keuntungan yang berlipat diantaranya tokopedia , shopee ,bukalapak , lazada dan toko online lainnya .

Tentunya dengan besarnya marketplace ini semakin banyak pula pajak yang di bayarkan ke pemerintah . sehingga pemasukan pajak dari sektor ini pun akan meningkat .

2.   Membuka peluang pekerjaan baru

Belanja online telah membuka lapangan perkerjaan baru penduduk di indonesia , karena menjalankan bisnis ini Anda terkadang tidak memerlukan modal tetapi menghasilkan keuntungan yang melimpah .

Sebagai contoh jika Anda sebagai seorang dropshipper suatu barang tertentu , Anda tidak perlu menyetok barang , tugas Anda hanya memasarkan produk tersebut di pasar online .bsisni

Anda bisa berjualan di facebook ,di instagram dan platform media sosial lain secara gratis dan biaya tanpa modal , Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan juga minimal sebuah handphone .

Anda juga bisa berjualan dengan menjadi reseller di toko online seperti tokopedia dan shopee , selanjutnya jika ada orderan masuk tinggal kontak langsung toko yang telah berpartner dengan Anda . nantinya Anda mengambil keuntungan dari selisih dari harga toko dengan harga yang telah anda jual kepada konsumen .

Tentunya hal ini bisa di lakukan oleh para pelajar , para mahasiswa dan juga ibu rumah tangga dengan di kerjakan dari rumah .

3.   Usaha distribusi barang semakin berkembang

Dengan meningkatnya penjualan barang secara online maka meningkat pula kebutuhan armada pengiriman barang . maka tak heran semakin banyak pula usaha kiriman paket / ekspedisi .

Tentunya usaha ini akan berdampak meningkatnya kebutuhan pekerja dan juga armada yang di gunakan . secara tidak langsung inilah salah satu dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia tentunya .

Dengan meningkatnya kebutuhan armada maka geliat penjualan mobil jenis truk dan sepeda motor juga akan mengalami pertumbuhan . tentunya  ekonomi akan meningkat dengan signifikan .

4.   Kebutuhan internet juga akan meningkta seiring dengan kemajuan zaman

Tak di pungkiri kebutuhan internet akan terus meningkat dari waktu ke waktu , orang yang dulunya belanja di pasar tradisional akan melakukan belanja lewat online . yang mana keperluan kuota internet juga akan meningkat dengan pesat .

Hal inilah menjadi salah satu sinyal peningkatan ekonomi masyarakat . menurut survei banyak pengguna smartphone pintar banyak meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu untuk menelusuri toko online utamanya toko online besar seperti tokopedia , lazada , bukalapak dan shopee .

Meski mereka tidak melakukan pembelian , nyatanya banyak yang suka membuka situs – situs marketplace . nantinya jika menemukan barang yang cocok tinggal di masukan ke kerangjang belanja . dan akan melakukan pembelian jika sudah ada cukup uang untuk membelinya .

5.   Dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia utamanya pasar tradisional

Selain dampak positif yang di timbulkan akibat naiknya dan tumbuhnya onlineshop , dampak negatif yang di rasakan adalah akan matinya pasar tradisional di berbagai wilayah diindonesia .

Dan memang , hal ini akan pasti terjadi . dengan semakin sepinya kunjungan orang ke pasar – pasar tradisional , maka pelaku umkm ini akan merasakan dampak yang signifikan , menurunnya pembeli maka menurunkan pula omzet yang dimiliki dan bisa berujung tutup usaha jualannya karena memang tidak mampu bersaing dengan bisnis online shop .

Tentunya hal ini akan menjadi masalah para pelaku dalam hal ini penjual barang di pasar tradisional apalagi jika pelaku ini orang sudah tua , yang mana tidak bisa mengikuti perkembangan zaman .

Jangankan pasar tradisional , pasar modern pun juga merasakan dampak dari bisnis online shop ini . maka tak heran makin banyak saja kita dengar . ada beberapa mall besar yang  ada di Indonesia akhirnya tutup karena kunjungan di mall untuk belanja semakin berkurang .

Menurut pendapatmu bagaimana kegiatan belanja online dapat terus berkembang ?

Setelah Anda membaca uraian di atas , selanjutnya berikan pendapatmu mengenai belanja online ini , silahkan tuliskan di kolom komentar . sedangkan untuk pendapat saya sendiri , belanja online akan terus berkembang dengan pesat karena orang pun sudah tidak ragu lagi belanja online karena sistem yang di gunakan oleh toko online sekarang ini semakin aman dan terpercaya serta bisa meminimalisir tindak penipuan . di artikel lainnya saya juga menuliskan tentang perbedaan antara bisnis online dan bisnis offline , yang mana ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing .

Kesimpulan

Demikianlah sobat semua penjelasan mengenai dampak online shop terhadap perekonomian Indonesia , tentunya selain dampak positif yang di timbulkan akan ada juga dampak negatif yang akan di rasakan . mungkin sekian untuk ulasan kali , terimakasih .

Tinggalkan Komentar