5 Contoh Promosi Produk Efektif Untuk Bisnis Agar Cepat Berkembang

Contoh promosi produk efektif untuk bisnis – Promosi menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis. Promosi bermanfaat untuk memperkenalkan atau menawarkan produk kepada konsumen. Kualitas produk memang sangat penting, tapi peranan kelancaran bisnis adalah promosi yang tepat. Produk dengan kualitas baik akan kalah dengan produk yang biasa saja tapi memiliki promosi yang bagus.

Aktivitas promosi merupakan aktivitas yang gampang-gampang sulit. Terkadang, meskipun telah melakukan promosi dengan gencar, masih juga belum mendapatkan pelanggan. Mungkin promosi yang dilakukan salah target pasar atau memang kurang menarik perhatian masyarakat.

 Contoh Promosi Produk Efektif Untuk Bisnis
Contoh Promosi Produk Efektif Untuk Bisnis

Pada kenyataannya, promosi yang kurang efektif tidak membuat bisnis untung tapi malah buntung karena pemborosan dana. Untuk membantu Anda dalam melakukan promosi, berikut akan dibahas seputar beberapa hal penting. Simak ulasan seputar contoh promosi produk yang efektif untuk bisnis.

Ide & contoh promosi produk bisnis yang menarik

Mempelajari strategi promosi penting dilakukan oleh pelaku bisnis agar bisnis semakin berkembang. Berbagai contoh ide promosi bisnis berikut bisa Anda aplikasikan. Berikut contoh promosi produk yang efektif dan menarik pelanggan.

1. Contoh promosi produk yang di bisa di lakukan adalah dengan memberikan diskon

Contoh promosi produk pertama yaitu memberikan diskon kepada pembeli. Bagi konsumen ketika mengetahui suatu produk dengan harga diskon akan tertarik untuk membeli. Mereka merasa lebih diuntungkan dibanding membeli produk dengan harga normal. Biasanya diskon diberikan dengan presentase. Contohnya, suatu brand memberikan harga normal 1 juta untuk suatu produk. kemudian brand juga memberikan diskon 25{0227f56dbaa6f854059382f7ad35bc4881a6a4f26007141c7aef566163bfb2cb}. Jadi,  pembeli akan mendapatkan produk tersebut dengan harga 750 ribu saja.

Artikel Menarik   Alasan Mengapa Seseorang Yang Melakukan Bisnis Online Harus Selalu Fokus

Selain memberikan diskon untuk mempertahankan pelanggan, berilah diskon sebagai bentuk penghargaan. Tawarkan diskon pada saat event tertentu. Lakukan sistem diskon  jika sudah mendapat konsumen yang stabil. Anda juga dapat mengkombinasikan diskon dengan promosi lain. Sebenarnya sudah bukan rahasia umum bahwa diskon hanyalah permainan harga. Sebelum memberikan diskon, brand biasanya menaikkan harga. Terlepas dari itu semua, promosi produk dengan diskon dinilai sangat efektif dan menarik banyak calon pembeli. 

2. Cashback

Salah satu contoh promosi produk yang sedang laris di masyarakat yaitu sistem cashback. Banyak marketplace besar melakukan jenis promosi satu ini. Sistem cashback yaitu memberikan penawaran yang mana konsumen akan menerima pengembalian dana dari membeli suatu produk. Misalnya, suatu brand akan memberikan cashback 10{0227f56dbaa6f854059382f7ad35bc4881a6a4f26007141c7aef566163bfb2cb} dalam setiap pembelian minimal Rp. 500 ribu dan maksimal cashback 100 ribu. Maka, bagi konsumen yang membeli produk hingga Rp. 500 ribu akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 50 ribu. Lalu, jika konsumen membeli produk dengan jumlah harga 2 juta, cashback yang diterima sebesar Rp. 100 ribu.

Jika Anda sedang menjalankan bisnis online, Pemberian cashback tidak harus dengan uang. Anda dapat memberikan cashback dengan koin. kemudian, koin tersebut dapat digunakan untuk belanja pada kemudian hari dengan mendapatkan potongan harga atau diskon. Jadi, disini Anda mengabungkan sistem cashback dan diskon pada setelahnya. Menarik, bukan? Tentunya hitung matang-matang sebelum memberikan cashback.  

3. Contoh promosi produk dengan Buy I get I

Promo buy I get I mungkin sering Anda jumpai. Jenis promosi ini biasanya digunakan untuk produk pokok atau makanan. Selain untuk menarik banyak pelanggan, penggunaan promosi semacam ini akan menghabiskan barang sebelum masa kadaluwarsa. Sistem buy I get I hampir sama dengan sistem diskon. Namun pada sistem ini pelaku bisnis memberikan diskon 50{0227f56dbaa6f854059382f7ad35bc4881a6a4f26007141c7aef566163bfb2cb} untuk produk yang sama. Hal ini memancing konsumen untuk melakukan pembelian banyak tanpa terpaksa. Sebaliknya, konsumen akan merasa mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan satu produk dengan gratis.

Artikel Menarik   3 Contoh Bisnis Model Canvas

Sayangnya, bagi para pelaku bisnis sistem ini tidak mendatangkan keuntungan maksimal dibanding menjual dengan harga normal. Namun, sistem ini dapat mempercepat perputaran uang kas. Maka, sebagai pelaku bisnis pertimbangkan dengan baik sebelum memberi promo satu ini.

4. Flash sale

Salah satu contoh promosi produk yang bisa anda ikuti adalah dengan promo flash sale . Promosi flash sale merupakan sistem promosi menjual produk dengan harga diskon dan dalam batas waktu tertentu. Jumlah produk yang ditawarkan juga terbatas. Misanya, brand menjual 50 produknya dengan diskon 15{0227f56dbaa6f854059382f7ad35bc4881a6a4f26007141c7aef566163bfb2cb}. Batas waktu yang ditentukan hanya 1 jam saja bahkan bisa kurang.  Biasanya promosi flash sale diumumkan terlebih dahulu agar menarik banyak pelanggan. Bagi pemburu diskon hal ini akan menjadi magnet tersendiri.

Promosi  dengan sistem ini terbukti banyak menarik banyak pelanggan. Brand besar atau marketplace besar sering sekali mengadakan promosi jenis ini. Sistem promosi flash sale juga telah terbukti menaikkan omzet dalam waktu singkat. Tertarik untuk melakukanya?

5. Hadiah

Contoh promosi produk menarik lainya yaitu pemberian hadiah kepada pelanggan. Misalnya, jika Anda menjual produk smartphone, pelanggan yang membeli produk tersebut akan mendapat hadiah. seperti silicon case, tempered glass, atau microSD atau hadiah lainya. Anda juga dapat memberikan hadiah berupa poin yang dapat digunakan pelanggan dikemudian hari. Bisa juga dilakukan dengan memberikan kartu member untuk mendapatkan diskon setiap pembelian. Hal ini selain menarik pelanggan juga akan membentuk loyalitas.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa contoh promosi produk menarik dalam bisnis. Jenis promosi diatas sudah terbukti menaikkan omzet bisnis. Tentunya dengan perhitungan dan pertimbangan berbagai hal yang tepat. Bagi pelaku bisnis terutama yang baru merintis semoga informasi diatas memberi inpirasi untuk Anda. selamat mencoba.

Artikel Menarik   Pentingnya Belajar Bisnis Agar Kekayaan Yang Anda Impikan Mudah Tercapai

Tinggalkan Balasan