Contoh Perencanaan Keuangan Pribadi Mahasiswa

Contoh perencanaan keuangan pribadi mahasiswa

Contoh perencanaan keuangan pribadi mahasiswa – Jika anda  seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di sebuah perguruan tinggi yang ada di indonesia . anda harus memiliki perencanaan keuangan sendiri .

Umumnya seorang mahasiswa belum memiliki pendapatan sendiri karena memang masih di support orang tua untuk biaya hidup dan juga biaya kuliah . meski ada sebagian mahasiswa juga sudah memiliki pendapatan sendiri namun dalam jumlah yang relatif kecil .

Perencanaan keuangan pribadi mahasiswa perlu dipahami dan dilakukan agar proses pendidikan yang dijalani tidak terkendala masalah pembayaran mata kuliah nantinya . 

Ada hal yang perlu menjadi perhatian jika anda sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi , dengan dana dukungan dari orangtua , anda harus bisa menyesuaikan penerimaan yang anda dapatkan dan juga pengeluarannya . jangan sampai besar pasak daripada tiang , tentu saja anda akan repot nantinya .

Contoh perencanaan keuangan pribadi mahasiswa

Tentunya untuk perencanaan keuangan pribadi mahasiswa akan berbeda yang hanya mengandalkan sokongan dana dari orang tua dengan mahasiswa yang sudah bekerja part time namun secara garis besarnya sama . 

1. Menghitung pengeluaran dan penerimaan 

Seperti yang saya sebutkan diatas , mahasiswa yang mendapatkan penerimaan dana dari orang tua . harus dengan bijak menggunakan dana yang diberikan orang tua mereka . 

Pengeluaran yang jelas dikeluarkan selama menjadi seorang mahasiswa adalah biaya kost , biaya makan ,biaya transport dan tentu saja biaya kuliahnya . 

Anda harus bisa menghitung berapa pengeluaran anda setiap bulannya untuk biaya hidup dan biaya kuliah . silahkan dicatat di buku , setiap harinya . nanti anda akan mengetahui perkiraan pengeluaran anda sendiri . sehingga anda bisa membatasi pengeluaran jika dana yang anda terima dari orang tua hanya cukup saja . jangan sampai anda minus lho 

2. Belajar menabung 

Nah ini , menabung adalah salah satu hal yang selalu diajarkan oleh orang tua dan guru kita . dan menabung ini sangat baik untuk anda lakukan . jika dana yang anda dapatkan dari orang tua setiap bulannya masih tersisa . 

Ada baiknya anda simpan dan ditabung , jangan digunakan untuk keperluan lain yang tidak berguna . ingat selama anda kuliah , keuangan orang tuamu belum tentu stabil , ada kalanya orang tua anda memiliki banyak uang sehingga memberi anda uang lebih setiap bulannya . 

Ada juga masanya keuangan orang tua lagi seret , susah mencari uang dan mungkin banyak kebutuhan lain yang tak terduga . jika orangtua anda mengalami kesusahan uang , maka dana tabungan yang anda kumpulkan bisa menjadi penyambung hidup anda selama masa pendidikan . 

Tentunya hal ini sedikit banyak tidak membebani orang tua anda , sehingga secara tidak langsung anda sudah membantu keuangan mereka . 

3. Mendapatkan uang sampingan 

Mencoba mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa , apalagi sekarang ini dalam era digital . anda bisa mendapatkan uang secara online yang bisa di lakukan di sela kegiatan perkuliahan . 

Bisnis online yang bisa di jalankan misalnya menjadi seorang blogger , youtuber dan juga affiliate marketer , menjadi penulis artikel dan kegiatan online lainnya .

Tentunya jika anda mampu menyisihkan waktu luang anda , anda bisa melakukannya daripada anda bekerja paruh waktu secara offline . dengan bisnis online anda akan bisa mendapatkan uang yang lumayan besar , dan bisa saja biaya kuliah dan biaya hidup bisa anda cukupi sendiri .

Sudah banyak lho sekarang ini dari kalangan kaum mahasiswa yang memiliki keuangan melimpah dari bisnis online . jika anda belum mengetahui ini , itu artinya anda sudah ketinggalan jauh informasi . 

Namun jika anda tidak mampu bekerja secara online , anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu di daerah sekitar anda yang mau mempekerjakan anda .

4. Bisa mengendalikan keinginan pribadi 

Contoh perencanaan keuangan pribadi mahasiswa yang bisa anda lakukan adalah dengan mengendalikan diri dalam membeli sesuatu . keinginan membeli barang adalah sesuatu yang lumrah di saat ada teman yang membeli kamera bagus , ponsel bagus , baju mahal dan lainnya .

Namun anda jangan mudah tergiur melakukan hal sama dengan teman anda . siapa tahu memang teman anda memiliki uang yang banyak dari orangtuanya . sedangkan anda hanya mendapatkan jatah biaya hidup yang pas – pas an . 

Maka  tak elok kiranya uang yang dikirimkan oleh orangtua anda , anda hamburkan untuk sesuatu yang tidak penting seperti itu . beli sesuai dengan kebutuhan anda dan budget anda . jangan sampai uang yang diberikan oleh orang tua tidak sampai akhir bulan .

Kesimpulan 

Itulah beberapa contoh perencanaan keuangan pribadi mahasiswa yang bisa anda lakukan selama menuntut ilmu , menabung dan menyisihkan uang menjadi sangat penting untuk di lakukan sebagai dana cadangan di saat sokongan dana dari orang tua mengalami kendala .

Berbelanjalah dengan bijak , gunakan keuangan dengan sebaik mungkin . jangan sampai besar pengeluaran daripada penerimaan . anda akan repot jadinya . mungkin itu saja yang bisa saya bagikan dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya .

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top