Cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online

Cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online

Cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online – Pinjaman online sekarang semakin marak , tidak sedikit orang yang menjadi korban pinjaman online . banyak modus yang dilakukan perusahan pinjaman online untuk menjerat nasabah .

Tentunya anda patut berhati – hati jika ingin meminjam uang secara online karena banyak yang menjadi korban yang mengakibatkan data pribadi mereka di sebarkan . silahkan meminjam uang secara online namun kepada perusahaan pinjol yang resmi yang terdaftar resmi di OJK .

Banyak juga kasus yang merasa tidak meminjam online , namun mendapatkan teror dari orang yang tidak di kenal dengan memberikan ancaman . tentunya hal ini akan meresahkan masyarakat . 

Untuk itu anda jangan sembarangan meminjamkan KTP anda kepada orang lain , karena data pribadi anda bisa digunakan oleh orang lain untuk meminjam secara online . dan tahu sendiri akibat yang akan anda alami nantinya .

Cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online

Sebenarnya cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online itu tidak ada tips khusus yang bisa dilakukan . namun anda bisa mendeteksi jika memang data pribadi anda di gunakan oleh orang lain dengan mengeceknya di internet . tentunya hal ini tidak seratus benar , ini menurut asumsi saya setelah melihat banyak kasus ancaman dari pinjol kepada para nasabah peminjam uang . 

Kenapa kok bisa begitu , karena sekarang ini banyak perusahaan pinjaman online yang melakukan pengumpulan data secara online , yang mana data yang mereka simpan bisa saja terindex di google atau bing dan search engine lainnya . mereka bisa saja mengambil foto KTP yang didapatkan dari internet .

Untuk itu jika anda ingin membuka aplikasi , atau melakukan pendaftaran layanan internet atau sesuatu yang membutuhkan data pribadi anda , saya harap anda tidak melakukan dengan mudah , perlu di cek dan ricek sebelumnya .

Lakukan jika memang diperlukan , misalnya untuk mendaftar di situs pemerintah seperti melakukan pendaftaran kartu prakerja , mendaftar menjadi nasabah bank yang memang memerlukan data pribadi anda , situs bantuan sosial dan lain sebagainya .  selain untuk hal yang saya sebutkan diatas , saran saya jangan pernah dilakukan .

Selain itu anda harus mewaspadai jika ktp anda di fotokopi orang lain , misalnya saja dipinjam oleh teman anda , anda harus tanyakan dengan teliti , buat apa dia minta fotokopi ktp anda . ingat jangan mudah percaya begitu saja , karena data diri anda yang akan menjadi taruhannya . 

Perhatian : Untuk anda yang meminjam uang secara online , anda harus tahu jika anda sudah meminjam pada perusahaan pinjol , maka data diri anda akan dibagikan kepada sesama pinjol lainnya . 

Karena kayaknya jaringan pinjol ini terkait satu sama lain , sering kita dengar keluhan nasabah pinjol , yang sudah melunasi tagihan yang dibebankan oleh perusahaan pinjol yang pertama . 

Maka mereka akan mendapatkan tagihan dari pinjol lainnya dengan nama   yang berbeda . entahlah mereka dengan sengaja menjebak nasabah untuk masuk ke lubang yang menyeramkan . 

Ada juga pinjol yang mengirimkan dan mentransfer uang kepada orang tersebut padahal mereka tidak melakukan pinjaman kepada perusahaan selain pinjol yang pertama . selanjutnya akan dikirimi email atau sms yang memberitahukan untuk membayar tagihan yang telah di diberikan . 

Maka tak heran jika seseorang yang meminjam dari satu pinjol ke pinjol lainnya , yang berguna untuk menutup hutang maka tagihan uang yang harus dibayarkan menjadi berlipat ganda . 

Kesimpulan 

Cara mengetahui NIK dipakai orang lain untuk pinjaman online sudah saya bagikan di atas , meski tidak seratus benar , namun bisa anda jadikan acuan untuk melakukan pengecekan .

Mungkin sekian saja untuk kali ini , semoga berguna dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya .

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top