Breaking News
cara membuka usaha laundry rumahan
cara membuka usaha laundry rumahan

Cara membuka usaha laundry rumahan bagi pemula

Cara membuka usaha laundry rumahan – sekarang ini kebutuhan jasa akan pekerjaan cuci baju dan seterika semakin di cari orang karena banyak orang bekerja baik pria dan wanita  yang sudah berkeluarga khususnya di kota-kota besar .

Tahukah Anda bahwa bisnis ini memberikan keuntungan yang besar kalau usaha Anda akan maju dan memiliki banyak langganan . untuk itu jika Anda berkeinginan membuka usaha laundry rumahan sedangkan Anda belum tahu caranya , melalui artikel ini saya akan bagikan caranya bagaimana membuka usaha loundry tersebut .

Cara membuka usaha laundry rumahan
Cara membuka usaha laundry rumahan

Untuk membuka suatu usaha banyak orang yang terbentur masalah modal . memang benar modal menjadi salah satu faktor untuk membuka usaha , namun jika Anda tahu dengan modal yang tidak terlalu besarpun Anda bisa menjalankannya .

Yang terpenting niat Anda dan tekad Anda untuk menjalankan usaha , ingat bisnis baru di tahun pertama adalah 75{0227f56dbaa6f854059382f7ad35bc4881a6a4f26007141c7aef566163bfb2cb} akan mengalami kegagalan , di mana dalam masa ini memang membutuhkan kesabaran agar usaha yang Anda geluti mulai dikenal orang .’

Bagaimana cara membuka usaha laundry rumahan

Mungkin pembahasan bagian yang ini yang Anda tunggu – tunggu tentunya jika Anda ingin membuka usaha laundry kiloan di rumah . tanpa adanya pengetahuan tentang usaha ini Anda akan kebingungan untuk memulianya .

Untuk itu di bawah ini sudah saya susun langkah-langkah membuka usaha laundry rumahan agar usaha Anda bisa berjalan dan nantinya akan tumbuh seiring dengan membaiknya keuangan keluarga nantinya .

Karena di sini adalah jenis usaha rumahan , Anda tidak perlu menyewa tempat tertentu di pinggir jalan atau tempat strategis lainnya , karena menyewa tempat memerlukan modal yang besar untuk menyewa ruko / bangunan fisik sedangkan Anda modalnya hanya pas-pasan .

Anda bisa menjalankan usaha dari rumah Anda sendiri , meskipun tidak strategis dengan ruko yang ada di pinggir jalan jangan takut jika usaha Anda tidak bisa jalan . karena Anda bisa mempromosikan usaha laundry rumahan lewat media sosial , maupun memasang banner di pinggir jalan atau tempat lain .

Step – step cara membuka usaha laundry rumahan yang harus Anda ketahui .

1.    Menyediakan peralatan dan perlengkapan usaha laundry tersebut

Cara membuka usaha laundry rumahan bagi pemula adalah sedia modal , Anda memerlukan modal untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang di butuhkan agar usaha Anda bisa berjalan . karena masih baru Anda bisa membeli satu-satu saja peralatannya seperti :

  • Satu buah mesin cuci laundry , sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk ukuran dan kapasitasnya yang akan Anda beli , pilih saja kapasitas mesin cuci yang tanggung .
  • Satu buah mesin pengering pakaian , sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda , jangan terlalu besar kapasitasnya karena akan cenderung lebih mahal  jangan juga terlalu kecil , karena kalau terlalu kecil repot juga . nantinya akan di gunakan untuk usaha bukan untuk kebutuhan Anda sendiri .
  • Satu buah setrika , sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Timbangan pakaian , karena akan di gunakan untuk menimbang berat kiloan baju yang akan di cuci .

Sedangkan perlengkapan yang harus Anda beli dan miliki antara lain adalah :

  • Hanger pakaian untuk menjemur pakaian dan kebutuhan lain
  • Satu set meja dan kursi untuk tempat setrika dan kebutuhan lain
  • Bak untuk tempat menaruh pakaian yang kotor yang belum di cuci dan juga untuk baju yang sudah di cuci

2.    Rincian modal usaha laundry

Cara membuka usaha laundry rumahan selanjutnya yang harus anda fikirkan adalah biaya operasioanal . Anda harus bisa menghitung dengan seksama pengeluaran yang akan di habiskan  dalam menjalankan usaha laundry tersebut baik itu pengeluaran perhari dan perbulannya .

Adapun biaya yang akan Anda tanggung untuk biaya produksi adalah sebagai berikut :

  • Biaya listrik perharinya berapa
  • Biaya detergen yang di gunakan perharinya berapa
  • Biaya air PDAM yang Anda gunakan jika Anda menggunakannya
  • Biaya telepon untuk kebutuhan layanan kepada pelanggan
  • Biaya transportasi jika Anda menyediakan layanan pengiriman sekalian .
  • Biaya perawatan untuk mesin cuci , mesin pengering maupun juga mesin setrika

Tentunya semuanya harus Anda perhitungkan , karena  bisa Anda jadikan patokan untuk memasang tarif biaya perkilo untuk cucian yang menggunakan jasa Anda .

3.    Menentukan biaya perkilo untuk cucian yang Anda kerjakan

Setelah Anda sudah memiliki perkiraan biaya operasional tentunya Anda sudah tahu biaya yang akan Anda bebankan kepada pelanggan yang menggunakan jasa Anda .

Anda harus bisa memperkirakan berapa minimal orderan nantinya yang mungkin Anda dapat , dan berapa minimal hasil yang Anda dapatkan  . jangan sampai biaya operasional lebih besar dengan pemasukan Anda . bisa bangkrut usaha Anda jika sampai segitu .

Hitung juga tenaga Anda untuk mengurusi kegiatan ini , karena Anda mungkin masih bekerja sendiri karena masih baru memulai , Anda tidak memerlukan  biaya untuk menggaji karyawan . berbeda nantinya jika orderan Anda semakin banyak maka Anda akan membutuhkan karyawan untuk membantu Anda .

Untuk biaya Anda juga bisa melihat dan survei dengan usaha laundry yang sama yang ada di daerah Anda . Anda bisa menurunkan sedikit harga perkilonya , tetapi Anda harus masih bisa memperkirakan Anda masih untung lo ya … tujuannya untuk menarik pelanggan karena memang Anda masih baru dalam usaha ini .

4.    Punya skil khusus dalam hal nyuci baju dan setrika

Meskipun mencuci baju dan setrika bisa di lakukan oleh semua orang , Anda harus bisa memiliki keahlian khusus dalam hal ini , bisa setrika yang dengan hasil yang bagus dan rapi bisa menjadi nilai tambah .

Pelanggan akan melihat hasil akhir dari pekerjaan Anda tentunya . dan hal yang pertama akan mereka lihat adalah bagaimana menyusun tumpukan baju apakah rapi atau hanya ala kadarnya .

Selanjutnya hasil cucian Anda , apakah masih banyak noda atau sudah bersih . membedakan setiap jenis pakaian dan juga warna pakaian saat melakukan cucian di mesin cuci adalah hal penting , jangan sampai pakaian dengan warna yang mudah luntur kamu campur dengan baju yang berwarna putih atau terang . jika nanti ada satu baju luntur akan membuat baju lainnya menjadi berubah warna terutama baju warna putih . bisa-bisa Anda akan kena komplain jika terjadi hal demikian .

5.   Menentukan biaya untuk mengambil dan mengantarkan barang jika sudah selesai

Jika Anda menawarkan jasa pengiriman barang / baju yang sudah di cuci dan setrika , Anda wajib bisa menghitungnya biaya bensin dan tenaga yang Anda keluarkan setiap hari .

Namun jika layanan ini Anda gratiskan juga gak masalah tergantung keinginan Anda . mungkin kalau dekat gak akan menjadi masalah , namun jika rumah langganan Anda jauh Anda akan kerepotan jadinya , harus keluar bensin lebih dan juga menyita waktu Anda jadinya . tentunya harus di perhitungkan juga menurut saya .

6.   Melakukan promosi jasa Anda di media sosial atau di media lain

Cara membuka usaha laundry rumahan bagi seorang pemula yang juga menjadi perhatian adalah melakukan promosi . Nah bagi Anda yang baru membuka usaha laundry rumahan ada baiknya Anda kenalkan brand Anda , dengan melakukan promosi ke mana saja baik secara online dengan menawarkan jasa di facebook , instagram . masuk ke grup apa saja yang khusus daerah Anda / lingkungan Anda .

Karena dengan begitu orang akan tahu jika saat ini Anda sudah membuka jasa laundry . bisa juga tawarkan kepada teman-teman Anda , saudara – saudara Anda . jika hasil kerjaan Anda bagus tentunya mereka dengan mudah akan merekomendasikan ke orang lain dan ini adalah nilai plus untuk Anda .

Anda juga bisa membuat banner dan tempelkan di depan rumah Anda , agar orang yang ada di sekitar rumah Anda mengetahui jika saat ini Anda menjalankan usaha laundry . bisa juga buat brosur promosi dan tempelkan di beberapa tempat strategis agar semakin banyak yang mengenal Anda .

Kesimpulan

Usai sudah ulasan kali ini mengenai cara membuka usaha laundry rumahan yang bisa Anda coba , memang butuh proses agar usaha Anda lebih dikenal orang dan mampu bersaing dengan usaha sejenis yang sudah ada saat ini .

Namun jika Anda memberikan layanan yang bagus maka tidak mungkin , usaha Anda akan tumbuh dan berkembang dan kesuksesan akan Anda raih , amien . sekian dari saya , terimakasih .

Tinggalkan Balasan