Cara Bisnis Rongsok Bagi Pemula Hasilkan Ratusan Juta Rupiah

Maskromo.com – Di postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara bisnis rongsok bagi pemula . Mungkin bisnis ini memang kurang populer dari bisnis atau usaha lainnya . Maka tak heran pemain di bisnis ini terbilang sedikit . Tentunya hal ini menjadi peluang besar bagi anda yang mencobanya .

Bisnis barang rosok ini ternyata telah melahirkan banyak pengusah sukses lho yang memiliki omset hingga ratusan juta . Tentunya bisnis rosok ini bagi anda sebagai pengepul barang bukan pencari barang rongsokan atau pemulung .

cara bisnis rongsok bagi pemula
cara bisnis rongsok bagi pemula

Di dalam bisnis rongsokan ini melibatkan orang sebagai pemulung ( pengumpul barang rongsokan ) , pengepul rongsokan , distribusi barang dan juga mitra pabrik yang menerima dan mengolah barang rongsokan tersbut menjadi barang jadi .

Cara bisnis rongsok bagi pemula dari nol sampai sukses

Untuk memulai bisnis rongsokan ini , yang perlu anda siapkan dan juga anda perlukan nantinya adalah sebagai berikut :

1. Memiliki mitra pengumpul barang rongsokan

Memiliki hubungan dengan para pencari barang rongsokan adalah penting , karena anda akan mendapatkan barang rongsokan ini dari mereka . Si pemulung ini akan mencari barang di beberapa tempat dan mengutipnya dari tempat sampah dan tempat lainnya .

Bisa juga dengan membeli nya dari rumah ke rumah . Nantinya jika barang rongsokan ini sudah terkumpul maka akan di di setorkan pada pengepul barang rongsokan yaitu anda nantinya .

Agar para pemulung ini nantinya mau menjual barang kepada anda , anda harus memiliki strategi untuk mengggaet mereka menjadi pemulung yang selalu memberikan barang rongsokannya kepada anda .

Bisa memberikan harga lebih tinggi sedikit dari kompetitor barang rongsokan yang ada di daerah anda . Atau memberikan bonus jika ada yang bisa mengumpulkan sesuai dengan target yang anda tetapkan . Dan lain sebagainya , karena pemulung ini adalah aset utama anda .

2. Bertanya kepada orang sudah menekuni bidang ini tentang harga barang rongsokan

Cara bisnis rongsok bagi pemula selanjutnya yang di lakukan dan di perhatikan adalah bertanya kepada orang yang sudah menekuni bidang tersebut . Tentunya hal ini penting karena anda akan mencari tahu margin harga untuk membeli barang dari pemulung itu berapa perkilogramnya .

Jangan sampai anda memberikan harga yang terlalu murah sehingga pemulung enggan menyetor barang rongsokannya kepada anda dan juga jangan terlalu mahal di bandingkan harga dari kompetitor anda nantinya karena keuntungan anda akan tipis . Kalau anda tidak paham tentang hal ini takutnya anda merugi bukannya untung .

Karena setiap barang rongsokan itu harganya berbeda , misalnya harga barang rongsokon plastik , besi , kertas , aluminium dan lain – lain . Untuk itu anda harus jeli dengan hal ini , ikuti saja harga orang yang sudah sukses terlebih dahulu . Bisa juga bertanya kepada para pemulungnya di setiap barangnya umumnya harga berapa .

3. Harus memiliki tempat usaha yang sesuai

Karena ini menyangkut barang rongsokan yang tentunya akan terkesan kumuh dan kotor , anda harus punya tempat tersendiri . Jangan menyewa ruko dong , yang tentu saja akan mengganggu mereka para pedagang dan pengusaha lain yang berdagang di tempat tersebut .

Cari tempat yang agak luas , jauh dari keramaian yang terpenting mudah di jangkau oleh para pemulung .

4. Membeli timbangan

Karena anda sebagai seorang pengepul , maka menyediakan timbangan adalah sesuatu yang wajib . Disini anda akan menimbang berat barang yang di bawa oleh pemulung yang menyetorkan barang itu kepada anda .

Setiap barang yang di jual kepada anda harus di pisahkan , apakah bahan dari kertas , dari plastik dan juga besi dan lain – lain karena setiap kilogramnya harganya berbeda-beda tentunya .

5. Proses penyotiran barang rongsok

Jika barang sudah terkumpul , silahkan pisahkan dan kumpulkan sesuai dengan jenis barang . karungin atau di tali menjadi satu , agar nantinya dalam proses distribusi barang menjadi mudah .

Kalau memang mampu kerjakan sendiri karena memang anda sedang memulai usaha

. dan cari pekerja bantuan jika memang anda sendiri tidak mampu . Tentunya anda harus keluar uang untuk menggaji mereka setiap harinya , jika belum mampu membayar pegawai , buat aja sistem pekerja jemputan . Gunakan bantuan pekerja di saat barang anda menumpuk banyak saja .

6. Pemasaran yang tepat

Jika barang sudah di sortir dan siap jual , anda bisa menjualnya kembali kepada pengepul yang lebih besar . Jika nantinya usaha anda makin berkembang dengan semakin banyaknya barang rongsok yang anda dapatkan .

Anda bisa menyetor langsung ke pabrik daur ulang , tentunya kalau sudah bermitra dengan pabrik akan banyak keuntungan yang anda dapatkan nantinya .

Gimana ? cara bisnis rongsok bagi pemula sudah saya jelaskan diatas , apakah anda berminat untuk memulai bisnis ini . Meski memang kumuh dan kotor . Bisnis barang rongsokan sangat menggiurkan lho keuntungannya , sudah banyak pengusaha sukses barang rongsok yang omsetnya perhari mencapai ratusan juta rupiah perhari .

Tentunya anda harus siap modal untuk menjalankan usaha ini , jika memang modal anda sedikit , anda bisa gunakan pekarangan rumah anda terlebih dahulu untuk menampung barang rongsokan tersebut . Nantinya jika usaha anda sudah mulai ada hasil , silahkan sewa atau beli tempat yang sesuai .

Kesimpulan

Demikianlah sobat mengenai cara bisnis rongsok bagi pemula dan bagaimana agar bisnis anda sukses nantinya , teruslah tekun menjalani usaha dan pantang menyerah . Sekian dulu tulisan ini semoga berguna bagi anda . Terimakasih

Tinggalkan Komentar