Breaking News
cara bisnis online baju
cara bisnis online baju

Cara Bisnis Online Baju yang Menguntungkan

Cara bisnis online baju – Bisnis online semakin marak di beberapa bulan terakhir. Berbagai barang dijual dengan memanfaatkan teknologi yang terkini. Salah satu barang yang sedang ramai dijadikan objek penjualan secara online adalah baju. Berbagai teknik dipakai untuk melancarkan penjualan tersebut. Beberapa cara bisnis online baju yang bisa dicoba adalah seperti yang akan dibahas berikut ini.

Baju sering dipilih karena cukup mudah dalam hal pemasarannya. Selain itu, keuntungan yang didapat juga cukup menggiurkan. Seperti yang kita ketahui baju merupakan salah satu sandangan wajib atau primer yang dikenakan oleh manusia. Namun beberapa tahun belakangan ini baju telah menjadi trend fashion tersendiri.

cara bisnis online baju
Cara Bisnis Online Baju

Memang bisnis yang satu ini tidak lekang oleh waktu , dan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman . jika anda salah satu orang yang ingin belajar untuk jualan baju dan ingin sukses dengan keuntungan yang besar . harus melakukan berbagai langkah perencanaan yang tepat agar apa yang apa yang anda inginkan tercapai dan anda bisa menjadi orang sukses dalam bisnis baju tersebut .

Cara bisnis online baju yang Tepat

Ada banyak teknis yang harus dilakukan untuk memulai jualan baju secara online agar lancar dan menguntungkan. Mulai dari research (riset) produk, riset pasar, dan lain sebagainya. Beberapa yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini :

1. Research (Melakukan Riset Produk Yang Tepat )

Ada 2 langkah riset yang harus dilakukan. Yakni riset produk yang laris di pasaran dan riset pasar. Tujuannya untuk memahami dan menguasai produk yang dijual. Juga untuk memudahkan dalam melakukan promosi kepada masyarakat. Sehingga bisa tepat sasaran dan tahu teknik yang cocok dilakukan untuk target pasarnya.

Riset ini juga sebagai gambaran untuk menyusun planning atau perencanaan pengembangan bisnis online kita kedepannya. Sehingga tidak macet atau kehabisan ide saat menjalankan penjualan.

Dengan melakukan riset maka kita akan menguasai produk kita. Sehingga bisa menjelaskan dengan detail kepada calon pembeli. Serta bisa dengan mudah meyakinkan calon pembeli untuk mau membeli produk kita.

Berlaku juga pada baju. Dengan memahami bahan kainnya, maka kita bisa menjelaskan kelebihan-kelebihan kepada calon pembeli. Juga ketika kita paham desainer atau modelnya, maka kita bisa menjadikannya bahan promosi untuk memikat target pasar.

2. Mencari Supplier yang terpercaya dan bisa di ajak kerjasama

Jika riset sudah dijalankan dan sudah menemukan model yang cocok. Maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier.

Supplier merupakan pihak yang akan menyetok barang ke kita. Karena kita tidak memiliki produk sendiri maka kita perlu memiliki pihak penyetok barang yang akan kita jual.

Untuk bisnis online baju, maka kita bisa memilih supplier dari penjahit atau konveksi. Dalam mencari supplier, diskusikan masalah harga. Namun biasanya supplier sudah mematok dengan harga termurah. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk menawar.

Selain itu, juga pastikan bahan pembuatnya adalah bahan yang baik. Untuk kaos biasanya Cotton Combed 30s atau 24s. Sebaiknya telusuri dahulu setiap bahannya di internet untuk memastikan kualitas dan sifat dari bahannya.

3. Stategi penjualan yang tepat dan tertarget

Jika sudah menemukan supplier dan baju yang akan dijual. Maka tentukan akan menggunakan sistem penjualan seperti apa. Dan bagaimana mengelolanya.

Pada umumnya ada 2 sistem yang bisa dicoba. Yakni sistem Resell dan sistem Dropship. Adapun sistem resell adalah kita membeli terlebih dahulu produk (dalam hal ini baju) yang akan kita jual dari supplier. Setelah barang sudah di tangan, maka kita bisa langsung melakukan proses penjualan, penerimaan order, hingga pengiriman barang ke tempat konsumen.

Berbeda dengan reseller, cara bisni online baju dengan cara dropship lebih praktis lagi. Dimana kita tidak perlu melakukan stock atau pembelian baju terlebih dahulu ke supplier. Melainkan kita bisa langsung melakukan penjualan secara langsung.

Kalau nantinya ada yang membeli, maka kita akan melanjutkan orderan tersebut ke pihak penyetok. Tahap pengemasan, pengiriman dan sejenisnya akan dilakukan oleh pihak penyetok itu sendiri. Jadi disini kita sebagai dropshipper bertugas untuk mencarikan pembeli, dan melayani pembeli. Sedangkan untuk proses selanjutnya akan dilakukan oleh pihak penyetok.

4. Membuat Media Penjualan

Dalam bisnis online, ada banyak sekali media yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan promosi. Sehingga akan semakin luas pula jangkauan pemasaran kita. Beberapa diantaranya adalah website dan sosial media.

Jika memilih melakukan penjualan melalui sosial media, maka kita juga harus menyiapkan akun khusus untuk melakukan promosi. Sebut saja akun ini dengan akun toko. Di akun ini kita bisa mulai menawarkan produk melalui status, story, ataupun komentar.

Bukan cuma sekedar membuat akun dan melakukan promosi, namun lakukan juga Add atau Follow orang-orang yang sekiranya masih potensial untuk dijadikan target penjualan. Bisa juga dengan bergabung ke dalam grup yang satu pembahasan. Semisal Jual-Beli Baju, Update Outfit atau sejenisnya.

Pilihan kedua adalah dengan membuat halaman website. Biasanya untuk tujuan penjualan baju, website yang dibuat berupa online store atau katalog. Bedanya jika toko online, maka di dalamnya berisi shopping cart atau keranjang belanja yang ketika checkout langsung ditampilkan informasi detail. Mulai dari harga, barang, dan informasi cara bayarnya.

5. Pengelolaan keuangan yang tepat

Memiliki keahlian dalam mengelola keuangan dalam suatu bisnis itu sangat penting . agar uang atau modal yang anda jadikan usaha bisa berkembang dan terus menghasilkan keuntungan . tips yang paling tepat adalah membedakan antara uang yang di gunakan untuk bisnis dan uang untuk hal pribadi .

Jika uang untuk bisnis dan uang pribadi bercampur dan anda tipe orang yang tidak bisa menahan keinginan diri untuk berlaku konsumtif . maka hal ini harus anda waspadai , jangan sampai usaha online anda akan gulung tikar karenanya .

Kesimpulan

Itulah 4 cara bisnis online baju yang boleh dilakukan agar penjualan bisa optimal. Selain keempat cara jualan baju di atas, kita juga bisa melakukan promosi sekreatif mungkin. Semisal memberi diskon, promo, atau sejenisnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan untuk kesempatan kali ini , semoga informasi ini berguna untuk anda semua . sekian dan terimakasih .

Tinggalkan Balasan