Cara Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Untuk Pemula Maupun Karyawan

Cara Belajar Bisnis Kecil-Kecilan

Cara belajar bisnis kecil-kecilan – Menjadi seorang pengusaha sukses memang menjadi impian banyak orang , namun tidak jarang banyak yang tidak mau memulainya di karenakan bingung produk apa yang akan di jual dan tidak punya modal menjadi alasan klasik yang sering kita dengar . Untuk itu di postingan ini saya akan bagikan cara belajar bisnis kecil-kecilan .

Belajar bisnis memang gampang- gampang susah . Mungkin sangat gampang bagi mereka yang memang dari kecil terbiasa dengan usaha atau bisnis di karenakan orangtuanya sudah menjalankan bisnis sejak lama .

Sehingga si anak di ajari dari kecil sama orang tuanya tentang membuat produk dan cara memasarkan produk , yang secara otomatis masuk ke alam bawah sadar mereka . Sehingga menjadikan dia seorang yang sudah tahu potensi bisnis itu di saat besar nantinya .

Namun bagaimana untuk mereka yang dari kecil belum pernah mengetahui tentang menjalankan bisnis itu seperti apa , dan mungkin saat ini dia menggantungkan hidupnya kepada perusahaan menjadi seorang karyawan , menjadi pegawai negeri yang sudah nyaman dengan besaran gaji tiap bulannya .

Nah untuk itu bagi mereka para karyawan yang ingin mencoba berbisnis , dan ingin keluar dari zona nyaman yang saat ini anda alami . Disini saya akan kasih tahu anda bagaimanakah cara belajar bisnis kecil-kecilan gan modal yang kecil . Karena bisnis yang sudah besar juga berasal dari bisnis yang kecil .

Yang patut di perhatikan untuk memulai belajar bisnis kecil-kecilan untuk para karyawan adalah sebagai berikut :

1. Riset produk apa yang akan anda jual

Melakukan penelitian terlebih dahulu barang apa yang akan dijual , di era sekarang ini yang serba di gital . Anda tidak perlu repot – repot membeli produk dulu kemudian menjualnya , karena di marketplace banyak tersedia produk-produk yang bisa anda jual kembali , yaitu dengan menjadi seorang reseller .

Cara ini bisa anda lakukan jika memang anda tidak memiliki modal apapun , cukup menghubungi seller produk , kemudian tawarkan diri anda untuk menjadi reseller . Jika nantinya ada penjualan lewat anda , maka anda akan mendapatkan komisi berapa persen sesuai dengan kesepakatan tadi .

Tentunya anda harus memiliki akun toko online di marketplace tersebut . Ingat cari seller yang jujur dengan mencantumkan nama toko anda di alamat pengirim . Karena jika pembeli mendapatkan kiriman barang dengan nama pengirim yang berbeda dengan nama toko anda , akhirnya kepercayaan buyer kepada anda akan hilang .

Memang akan sedikit ribet kalau hal ini terjadi . Namun jika anda memiliki modal biarpun kecil misalnya satu juta rupiah . Anda bisa stok dulu dari penjual produk dengan modal anda tadi , tentunya dengan barang yang sudah anda riset sebelumnya , sebaiknya pilih produk yang murah – murah terlebih dahulu , misalkan aksesoris telepon yang sekarang ini terus ngetrend dengan hadirnya smartphone baru dan canggih . Ini adalah peluang besar untuk anda .

2. Harus tahu target market anda siapa

Selain riset produk yang banyak di cari ,anda juga harus paham juga target market anda siapa . Jangan asal membeli produk kemudian secara sembarangan menjualnya . Bisa – bisa barang yang anda stok tidak laku karena anda salah market .

Untuk awal – awalan bisnis baiknya lakukan penawaran kepada teman maupun kepada saudara anda . Lakukan hal ini terus menerus agar barang yang anda jual mulai ada yang tahu tentunya mulainya teman – teman anda .

Selanjutnya lakukan pemasaran via sosial media , sekarang ini sangat ngetrend sekali sobat . Anda bisa mengenalkan produk anda lewat facebook ,instagram , twitter maupun membuka toko online , baik itu membuat akun toko di market place maupun dengan membuat website toko online .

Beberapa bisnis kecil-kecilan dengan modal kecil untuk usaha sampingan

  1. bisnis jual pulsa dan internet
  2. menjadi agen asuransi
  3. menjadi agen properti
  4. menjadi agen penjualan motor bekas
  5. menjual makanan ringan
  6. menjadi seorang blogger , penayang iklan
  7. menjual foto di internet
  8. menjadi reseller/dropsipher baju , pakaian , mukena ,dan lain-lain
  9. menjual aksesori telepon
  10. menjadi penerjemah bahasa di situs online
  11. menjadi freelancer bagi mereka yang memiliki kemampuan
  12. menjadi desain grafis di situs online
  13. membuka warung kopi kecil-kecilan di rumah anda

Itulah beberapa bisnis kecil-kecilan yang bisa anda lakukan , tanpa harus terikat oleh waktu . Bisa anda lakukan di sela – sela menjadai seorang karyawan . Karena sifatnya yang tidak mengikat , terkadang hanya dengan bermodal komunikasi , anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar .

Akhir kata

Mungkin cukup sekian untuk ulasan tentang cara belajar bisnis kecil-kecilan untuk pemula maupun untuk para karyawan yang menginginkan penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan hidup . Saran saya jangan dahulu keluar kerja , jika memang bisnis kecil-kecilan anda belum berjalan sesuai dengan keinginan . Sampai jumpa lagi

Tinggalkan Komentar