Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi Pembuat Game

Aplikasi Pembuat Game – Apakah Anda telah memelihara ide game selama bertahun-tahun, tetapi tidak memiliki pengalaman pengembangan untuk mewujudkan ide tersebut? Tidak masalah! Saat ini, siapa pun dapat membuat video game, bahkan tanpa keterampilan pemrograman. Hal utama adalah menemukan perangkat lunak yang tepat.

Namun demikian, ini tidak berarti bahwa proses pengembangan menjadi mudah. Menciptakan bahkan game sederhana seperti Flappy Bird atau Tetris membutuhkan banyak waktu dan usaha. Namun demikian, berkat perangkat lunak khusus, apa yang dulu memerlukan waktu bertahun-tahun, sekarang hanya memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan berhari-hari.

5. Aplikasi Pembuat Game

Artikel di bawah ini menguraikan perangkat lunak pengembangan game terbaik, diurutkan dari yang termudah hingga yang paling kompleks. Semakin ke bawah daftar, semakin banyak peluang yang disediakan.

1. Construct 3

Aplikasi Pembuat Game Construct 3 adalah pilihan terbaik jika Anda belum pernah menulis sebaris kode program seumur hidup Anda. Program ini sepenuhnya dikelola melalui antarmuka grafis. Ini berarti, bahwa semua elemen dapat dengan mudah dibuat dan diseret serta dijatuhkan dengan prinsip seret-dan-jatuhkan. Logika dan variabel game diimplementasikan menggunakan fitur desain yang disediakan oleh aplikasi itu sendiri.

Salah satu keuntungan utama Construct 3 yaitu, hasilnya bisa diekspor ke puluhan platform yang berbeda dan dalam puluhan format yang berbeda. Anda tidak perlu mengubah apa pun untuk mentransfer game yang sudah jadi ke platform lain atau mengonversi ke format lain. Ekspor ke HTML5, Android, iOS, Windows, Mac, Linux, Xbox One, Microsoft Store, dan banyak lagi yang didukung.

Termasuk di dalam program ini adalah ratusan materi bantuan yang menjelaskan konsep pengembangan game, dari yang paling dasar hingga tingkat lanjut, dalam bahasa yang sederhana. Komunitas online Construct 3 juga sangat aktif. Anda selalu bisa mendapatkan saran dari pengembang berpengalaman jika Anda memerlukan bantuan.

Sebagian besar programmer tidak terampil dalam membuat grafik, musik, atau animasi. Tetapi ini bukan masalah jika Anda bekerja dengan Construct 3. Anda selalu dapat menemukan dan membeli Aset yang siap digunakan dari Scirra Store. Sebagian besar harganya beberapa atau tiga dolar, tetapi harga untuk sumber daya game profesional bisa mencapai tiga puluh dolar atau lebih. Anda juga bisa membeli game sumber terbuka untuk mendapatkan ide-ide baru.

Namun demikian, versi gratis terbatas pada 25 peristiwa, dua lapisan, dua efek khusus simultan, dan satu font. Selain itu, versi gratisnya tidak mendukung fungsionalitas multipemain dan outputnya hanya disimpan dalam HTML5. Semua keterbatasan ini tidak ada dalam versi berbayar yang harganya $99 per tahun.

2. Aplikasi Pembuat Game – GameMaker Studio 2

GameMaker Studio 2 adalah aplikasi yang ditulis ulang dan dikerjakan ulang secara ekstensif yang sudah ada sejak tahun 1999. Saat ini, ini adalah salah satu “engine” paling populer untuk pengembangan game dan diperbarui secara teratur.

Seperti Construct 3, Anda dapat membuat seluruh game di GameMaker Studio 2 menggunakan antarmuka drag-and-drop murni untuk variabel dan logika game. Tidak seperti Construct 3, bagaimanapun, GameMaker Studio 2 juga dilengkapi kemampuan untuk menulis skrip menggunakan Game Maker Language, bahasa skrip seperti C yang agak fleksibel.

Popularitas GameMaker Studio 2 sebagian besar disebabkan oleh banyaknya fitur menarik seperti pembelian dalam aplikasi, analitik waktu nyata, kontrol versi, mode multipemain, dan integrasi ekstensi pihak ketiga. Juga terdapat editor gambar, animasi dan shader built-in.

Outputnya mudah diekspor ke platform apa pun dan dapat diterjemahkan ke dalam format apa pun. Ekspor ke HTML5 dan ke Windows, Linux, Mac, iOS, Android, PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, dan banyak lagi yang didukung. Sayangnya, versi gratisnya tidak mendukung ekspor ke platform mana pun.

Versi gratisnya dapat digunakan tanpa batas waktu, tetapi memiliki keterbatasan pada kompleksitas game yang Anda buat. Versi Creator berharga $39 setahun dan mendukung ekspor ke Windows dan Mac. Anda bisa membuka kunci fitur ekspor platform secara langsung dari versi gratis alih-alih membeli paketnya.

3. Unity

Lingkungan pengembangan Unity pada awalnya adalah “engine” tiga dimensi, tetapi seiring waktu, pada tahun 2013, mereka menambahkan dukungan untuk 2D. Anda dapat membuat game 2D, tetapi bug dan crash tidak dikesampingkan, karena lingkungan 2D sangat terkait dengan sistem 3D. Dan itu juga berarti bahwa banyak “embel-embel” yang tidak perlu ditambahkan ke game 2D, yang dapat memengaruhi performa.

Desain komponen tidak diciptakan oleh pengembang Unity, tetapi mereka telah melakukan banyak hal untuk mempopulerkannya. Singkatnya, semua yang ada dalam game adalah objek, dan setiap objek dapat dihubungkan ke komponen yang berbeda, yang masing-masing akan bertanggung jawab atas aspek tertentu dari perilaku dan logika objek.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari alat ini, Anda harus bisa memprogram dalam C#. Kabar baiknya adalah bahwa Unity digunakan oleh banyak sekali penggunsebagai Aplikasi Pembuat Game , baik penghobi maupun pengembang profesional. Sebagai konsekuensinya, ribuan tutorial tentang cara menggunakan Unity dan menulis kode C# dapat ditemukan secara online. Aplikasi ini dilengkapi dengan tutorial video untuk pemula, dan dokumentasi teks dapat dijelaskan hanya dalam satu kata: luar biasa.

Unity memiliki lebih banyak opsi ekspor daripada mesin game lainnya: Windows, Linux, Mac, iOS, Android, HTML5, semua jenis sistem realitas virtual seperti Oculus Rift dan Steam VR, dan dukungan untuk konsol game Xbox One, PlayStation4, Nintendo Switch dan Nintendo Wii U.

Versi Personal sepenuhnya gratis dan berfungsi penuh, selama Anda tidak mulai menghasilkan lebih dari $ 100.000 setahun dari permainan.

4. Godot Engine

Seperti Unity, Aplikasi Pembuat Game Godot Engine mendukung pengembangan game 2D dan 3D. Namun demikian, tidak seperti Unity, dukungan ini diimplementasikan pada level yang jauh lebih baik. Mesin 2D pada awalnya didesain untuk menjadi independen. Ini berarti bahwa game Godot memiliki performa yang lebih baik, dan lebih sedikit bug.

Arsitektur gameplay Godot Engine itu unik. Semuanya dibagi ke dalam adegan-adegan. Tetapi bukan “adegan” yang Anda pikirkan. Di Godot, adegan adalah kumpulan elemen seperti sprite (objek grafis), suara, dan skrip. Adegan bisa digabungkan ke dalam adegan yang lebih besar, dan adegan itu pada gilirannya bisa digabungkan ke dalam adegan yang lebih besar lagi. Pendekatan hirarkis untuk desain membuatnya lebih mudah untuk mengatur dan memodifikasi elemen individual.

Godot menggunakan drag-and-drop untuk memanipulasi elemen-elemen game, tetapi sebagian besar elemen dapat dimodifikasi dengan menggunakan bahasa skrip mirip Python, GDScript. Mudah dipelajari dan mudah digunakan. Cobalah bahkan jika Anda belum pernah melakukan pemrograman apa pun sebelumnya.

Setidaknya satu rilis baru program ini dirilis setiap tahun, yang menjelaskan mengapa ada begitu banyak fitur yang berguna dalam lingkungan pengembangan ini: fisika, pasca-pemrosesan, permainan jaringan, semua jenis editor bawaan, debugging waktu nyata, restart cepat, kontrol versi, dan masih banyak lagi.

Godot adalah satu-satunya “mesin” yang sepenuhnya gratis dalam daftar kami. Bebas digunakan dari “A” hingga “Z”, dan dilindungi oleh lisensi MIT yang tidak hanya mengizinkan pengembangan, tetapi juga penjualan produk game yang sudah jadi tanpa batasan. Game yang dibuat di Godot dapat diekspor ke Windows, Linux, Mac, iOS, Android dan HTML5. Tidak diperlukan biaya atau lisensi tambahan.

5. Unreal Engine 4

Aplikasi Pembuat Game Unreal Engine 4 adalah “engine” game yang paling kuat dan alat paling profesional dari yang tercantum dalam peringkat kami. Itu dibuat oleh para ahli yang berpartisipasi dalam pengembangan penembak populer Unreal. Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan.

Salah satu prinsip utama UE4 adalah kecepatan tinggi. Hal ini ditujukan untuk segala hal, termasuk debugging secara real time, restart aplikasi cepat, pratinjau jarak jauh, serta ratusan aset dan sistem berdasarkan algoritme AI, efek pasca dan masih banyak lagi.

UE4 menampilkan sistem Blueprint yang unik, memungkinkan pembuatan logika game tanpa menulis kode apa pun. Sistem ini cukup canggih untuk membantu Anda mengembangkan game dari “A” hingga “Z”, bahkan game yang kompleks, tanpa menjalankan editor kode sumber. Pada saat yang sama, pemrograman juga didukung.

Unreal Engine 4 memiliki saluran YouTube sendiri dengan delapan ratus video yang mengungkapkan semua aspek bekerja dengan “engine”. Sebagian besar video berdurasi antara 20 hingga 60 menit. Ada lebih banyak informasi di sini daripada yang bisa Anda dapatkan dalam satu semester di universitas jika mereka mengajarkan UE4. Jika Anda menginginkan panduan langkah demi langkah untuk semua kesempatan, Unreal Engine 4 memilikinya.

Ekspor ke: Windows, Linux, Mac, iOS, Android, HTML5, Xbox One, PlayStation4, Oculus VR dan sebagainya didukung. Versi gratisnya memiliki semua fungsionalitas dan dilengkapi dengan open source. Anda hanya perlu membayar 5% per kuartal dari keuntungan jika penjualan game menghasilkan lebih dari $3.000.

Tinggalkan Komentar