Aplikasi Google Foto

Aplikasi Google Foto – Fitur – Fitur Utamanya

Aplikasi Google Foto ini , dengan ikonnya yang mudah dikenali, diinstal sebagai standar pada hampir semua perangkat seluler Android. Namun demikian, sebagian produsen smartphone memasang aplikasi mereka sendiri dengan fungsi serupa. Namun demikian, seperti yang diperlihatkan oleh praktiknya, sebagian besar pengguna lebih memilih aplikasi Google, yang memiliki fungsionalitas yang agak ekstensif, termasuk kemampuan cloud yang canggih.

Mengapa Google Foto?


Akan keliru jika mengategorikannya sebagai penampil gambar dan foto biasa, meskipun banyak pengguna yang menggunakannya seperti itu tanpa sepenuhnya menyadari kemampuannya.

Ya, memang, ini adalah utilitas yang praktis untuk melihat foto yang diambil dengan kamera smartphone Anda, tetapi ini adalah fungsi dasar. Fitur super populer lainnya dari Google Photos adalah penyimpanan awan untuk semua konten media Anda, jika Anda mengaktifkan opsi ini saat menginstal program atau nanti.

Mari kita buat daftar singkat fitur-fitur lain dari aplikasi ini:

  • Sinkronisasi dengan cloud drive;
  • Kemungkinan untuk mendapatkan ruang tak terbatas pada cakram jarak jauh, selama Anda menyimpan foto Anda dalam bentuk terkompresi;
  • Kemungkinan penyortiran multi-faktor dan penyaringan konten;
  • pengeditan foto (filter, membuat animasi, kolase, slide);
  • pemrosesan video;
  • kemampuan untuk berbagi foto dengan teman.
  • Mari kita lihat lebih dekat fitur-fitur ini.

Cara menggunakan aplikasi Google Foto


Berikut ini daftar fitur dan kapabilitas paket yang diketahui banyak pengguna melalui desas-desus atau belum pernah mendengarnya sama sekali.

1. Penyimpanan – Aplikasi Google Foto


Untuk memastikan Anda selalu memiliki cadangan foto yang telah Anda ambil, Anda harus menyinkronkan konten ponsel cerdas Anda dengan penyimpanan cloud. Menemukan fitur ini tidaklah mudah. Pertama, Anda perlu menginstal Foto Google di komputer Anda atau buka versi web aplikasi dengan masuk ke akun Google Anda, lalu buka pengaturan dan pilih opsi “Unggah gambar secara otomatis dari Foto Google ke direktori di Drive Saya”.

Kemudian buka aplikasi seluler pada tablet/smartphone Anda dan dalam pengaturan, tentukan folder mana yang ingin Anda sinkronkan, serta di mana di cloud untuk menyalin konten media. Segala sesuatu yang Anda ambil fotonya, kemudian akan diunggah ke cloud secara berkala. Anda dapat mengunggah apa yang sudah ada di smartphone Anda ke cloud menggunakan fitur “Save Data” pada aplikasi.

Jika gambar pada perangkat seluler Anda menghabiskan terlalu banyak ruang, Anda dapat menghapusnya (fitur “Free space”), karena semua salinan akan disimpan di cloud. Namun demikian, Anda masih memerlukan akses Internet untuk melihat dan mengeditnya.

Sekarang tentang kapasitas penyimpanan Aplikasi Google Foto . Ukurannya tidak terbatas, tetapi selama Anda menyimpan gambar Anda dalam format terkompresi, dengan resolusi tidak lebih dari 16 megapiksel (untuk video batasnya adalah 1080p). Jika tidak, Anda harus puas dengan 16GB, yang merupakan jumlah yang dialokasikan untuk pengguna baru ketika mereka mendaftar di Google.

Anda dapat memperluas memori dalam penyimpanan Google Photos dalam versi berbayar, jika Anda tidak ingin mengorbankan kualitas gambar Anda. Tetapi sejujurnya, kompresi tidak terlalu memengaruhi kualitas foto, dan mengingat bahwa 15 GB tidak banyak, lebih baik memilih opsi kedua.

2. Mengelola


Aplikasi Google Foto mendukung penskalaan foto melalui gerakan standar. Demikian juga, Anda dapat membuka/menutup foto di galeri (dengan usapan atau usapan vertikal).

Untuk pengguna web, terdapat tombol pintas yang sesuai. Untuk kombinasi yang tersedia, tekan Ctrl+? (untuk Mac – Cmd+?).

3. Pencarian


Hanya sedikit orang yang menggunakan fitur-fitur aplikasi ini, dan untuk alasan yang bagus. Fungsi pengenalan wajah bekerja dengan cukup baik, cukup dengan menunjukkan satu kali kepada program orang (atau lebih tepatnya wajahnya) untuk diidentifikasi. Kesalahan, tentu saja, memang terjadi – orangnya tidak selalu memadai.

Demikian pula, Anda bisa membatalkan pencarian orang yang tidak ingin Anda lihat (tab People, item menu Show/Hide Faces, centang wajah orang yang ingin Anda lihat).

Aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi subjek foto – coba masukkan “liburan”, “makanan”, “sungai”, “langit” di bilah pencarian, hasilnya akan lebih atau kurang relevan.

Foto Google membedakan antara hewan juga, cukup tentukan hewan peliharaan Anda di salah satu foto, dan program akan menemukan semua gambar lain dengannya. Pencariannya agak cerdas – kueri bisa digabungkan dan cukup kompleks.

4. Optimalisasi Gambar


Apa yang perlu Anda ketahui tentang penyuntingan? Inilah trik yang menarik: Tekan jari Anda pada foto dan terus tekan selama sekitar satu detik. Hal ini akan membuat perubahan apa pun yang sudah Anda buat menghilang. Melepaskan jari Anda akan membawa Anda kembali ke gambar yang dimodifikasi. Dengan cara ini, Anda bisa membandingkan antara keadaan semula dan keadaan sekarang.

Untuk mengubah efisiensi filter, Anda melakukan hal yang sama: pilih filter, tahan jari Anda selama satu atau dua detik, dan gunakan slider untuk mengurangi/meningkatkan efeknya.

Tidak semua orang tahu cara menyesuaikan skema warna di Aplikasi Google Foto. Klik pada ikon kedua dalam menu editor, pilih “Colour” dari menu konteks. Di sini, Anda juga dapat memanipulasi kontras, saturasi warna (misalnya, mengambil warna kulit).

Pengaturan untuk satu foto dapat disimpan dan digunakan untuk mengedit foto lainnya. Simpan dengan Ctrl+C untuk versi web dan Ctrl+V untuk versi Mac (masing-masing Cmd+C dan Cmd+V untuk Mac) saat membuka foto lain.

Anda juga dapat menyalin foto dari Aplikasi Google Foto ke editor lain dengan memilih “Edit di…”.

5. Mengimpor Foto, Sinkronisasi


Anda pasti pengguna aktif situs jejaring sosial dan telah menyimpan foto dari sana. Program ini tahu cara menambahkannya ke koleksi Anda. Untuk mengimpor foto Anda ke galeri Foto Google, pilih opsi “Unggah & sinkronkan” dalam menu aplikasi dan nyalakan opsi “Muat data dari folder”. Yang tersisa hanyalah menentukan dari folder mana Anda ingin mengunduh foto Anda.

Jika Anda memilih untuk menyinkronkan aplikasi dengan komputer Anda (atau, lebih tepatnya, dengan penyimpanan Google), Anda dapat memilih untuk menampilkan foto dari awan di galeri dalam pengaturan.

Jika Anda tidak ingin foto tertentu ditampilkan di galeri utama, centang kotak dan klik “Send to archive”. Mereka tidak akan ditampilkan di galeri utama, tetapi akan terlihat dalam hasil pencarian dan dalam album yang menjadi bagiannya.

Anda dapat mengunduh foto atau menggunakan PhotoScan untuk mengunduh gambar yang dipindai.

Anda dapat menghapus Google Foto dengan cara standar, dengan mengklik gambar dan kemudian memindahkannya ke ikon tempat sampah. Ingat, bagaimanapun, bahwa itu akan tetap berada di Recycle Bin selama tepat 60 hari, setelah itu akan dihapus secara permanen. Juga dimungkinkan untuk memaksa recycle bin dikosongkan.

6. Berbagi koleksi Anda


Opsi berbagi foto dalam aplikasi ini sangat luas, tetapi kebanyakan orang hanya menggunakan yang dasar.

Contohnya, fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk mengirim gambar secara otomatis – misalnya, untuk mengirim foto cucu kepada kakek-nenek. Untuk melakukannya, Anda harus memilih sumber, penerima, dan tanggal untuk mulai berbagi foto.

Secara default, Foto Google tidak secara langsung ditautkan ke layanan populer perusahaan lainnya, Gmail, jadi jika Anda ingin melampirkan satu atau lebih foto dari galeri, Anda tidak bisa melakukannya begitu saja. Tetapi jika Anda menyinkronkan koleksi Anda dengan Google Drive, masalahnya hilang dengan sendirinya. Omong-omong, Anda bisa mengekspor video Anda ke YouTube, tetapi opsi ini harus diaktifkan dalam pengaturan aplikasi.

Untuk mencegah gambar animasi menjadi statis saat mengekspornya ke dalam Motion Photos atau Live Photo, Anda harus memilih “Save as Video” dalam pengaturan di Aplikasi Google Foto, dalam hal ini, gambar animasi akan dikonversi menjadi video yang dapat ditampilkan secara normal di semua perangkat.

6. Menghapus aplikasi


Ingatlah bahwa Aplikasi Google Foto bisa hadir sebagai bagian dari OS, dan diinstal secara independen. Dalam kasus terakhir, Anda dapat menghapus aplikasi dengan cara standar dengan menyeret ikon ke tempat sampah. Anda tidak perlu mencemaskan foto-foto tersebut – foto-foto itu akan tetap berada dalam folder tempat foto itu diunduh. Jika Anda telah menyinkronkan aplikasi ke cloud, mereka pasti akan tetap berada di sana, tetapi mereka mungkin menghilang dari galeri.

Tetapi jika aplikasi itu ada di smartphone Anda sejak awal, Anda tidak bisa menghapusnya begitu saja, karena dianggap sebagai utilitas sistem. Tetapi masalahnya bisa diatasi jika Anda mendapatkan hak ROOT, tetapi harap dicatat bahwa tindakan tersebut sama saja dengan peretasan dan bisa menyebabkan hilangnya garansi.

Jadi, bagaimana cara menghapus aplikasi Foto Google secara legal:

  • Buka pengaturan smartphone Anda dan pilih “Applications”;
  • cari baris Foto Google, klik tombol “Nonaktifkan”.

Ini, tentu saja, bukan penghapusan penuh, tetapi aplikasi akan menjadi tidak aktif, yaitu, tidak lagi menggunakan sumber daya gadget seluler.

Anda juga bisa keluar dari akun aplikasi, yang juga akan membebaskan sumber daya smartphone Anda.

Sekali lagi, ingatlah untuk menyimpan foto Anda.

Jika Anda telah menggunakan aplikasi ini hanya untuk melihat (dan mungkin mengedit) gambar Anda tanpa mengaktifkan sinkronisasi atau mencadangkannya ke cloud, gambar di perangkat Anda tidak akan terpengaruh saat Anda menghapus instalan Aplikasi Google Foto. Anda akan dapat terus menggunakan penampil Galeri internal Android, tetapi tentu saja dengan fungsionalitas terbatas. Atau, Anda dapat menginstal image viewer lain, karena ada banyak yang tersedia.

Dan untuk opsi di mana fungsi sinkronisasi telah digunakan secara maksimal, ada sedikit nuansa di sini. Ini akan tergantung pada apakah Anda telah menghapus salinan perangkat dari halaman Aplikasi Google Foto atau tidak. Jika Anda telah menghapusnya, akses ke foto Anda akan hilang, meskipun foto-foto itu akan tetap ada di penyimpanan cloud. Jadi lebih baik tidak dihapus, maka foto-foto akan disimpan di dua tempat. Namun demikian, ini adalah foto-foto lama; foto-foto baru hanya akan tersedia pada smartphone Anda.

Tinggalkan Komentar