10 Aplikasi Akuntasi Terbaik

Seringkali pemilik usaha kecil bertanya apakah mereka harus menggunakan aplikasi akuntasi. Tidak memiliki dokumentasi yang tepat untuk operasi bisnis Anda bisa diibaratkan seperti mencoba bertahan hidup tanpa darah.

Yang benar adalah bahwa tanpa aplikasi akuntasi yang tepat, bisnis tidak dapat berkembang, terutama jika membutuhkan dana dari investor untuk menjadi merek besar seperti yang Anda kagumi.

Akuntansi bukanlah tindakan yang hanya dilakukan oleh merek-merek besar, merek-merek yang lebih kecil menggunakannya untuk mendapatkan angka yang benar.

Data akuntansi harus selalu menjadi titik panggilan pertama ketika membuat keputusan keuangan yang penting. Di sinilah Anda mendapatkan gambaran ke mana uang Anda pergi, seberapa produktif pengeluaran Anda dan apa yang bisa Anda kurangi.

Di bawah ini kami membahas 10 aplikasi akuntasi bisnis kecil terbaik untuk tahun 2022.

Apa yang dilakukan perangkat lunak akuntansi untuk bisnis kecil?


Aplikasi akuntasi mengurangi waktu yang diperlukan untuk memasukkan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan rekening bank dan kartu kredit mereka dengan perangkat lunak.

Dengan cara ini, transaksi akan secara otomatis dikirim ke perangkat lunak, di mana transaksi tersebut dapat dipisahkan ke dalam akun yang berbeda.

Meskipun sebagian besar perangkat lunak akuntansi mudah digunakan, pemahaman umum tentang prinsip-prinsip akuntansi diperlukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan disiapkan dengan benar. Akibatnya, ketika bisnis Anda menjadi bisnis menengah, Anda dapat menyewa akuntan untuk memeriksa laporan tersebut.

Aplikasi akuntasi bisnis kecil ini menawarkan sistem cloud/online yang memungkinkan pemilik bisnis dan akuntan mengakses alat pada saat yang bersamaan.

Dengan demikian, fitur utama perangkat lunak akuntansi bisnis kecil adalah:

  • Pembuatan faktur
  • Sinkronisasi bank dan kartu kredit
  • Hutang dan piutang
  • Penagihan pembayaran online dari pelanggan
  • Akses pengguna untuk akuntan atau profesional pajak
  • Penyusunan laporan keuangan dasar, seperti laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas.
  • Berapa biaya perangkat lunak akuntansi untuk bisnis kecil?
  • Biaya perangkat lunak akuntansi bisnis kecil dasar berkisar dari $ 0 hingga $ 150 per bulan.

Dipecah berdasarkan kategori, paket dasar berkisar dari $0 hingga $40 per bulan. Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai bisnis kecil; mereka mengklasifikasikan pendapatan dan pengeluaran, mengirim faktur dan menyiapkan laporan keuangan.

Perangkat lunak ini memiliki paket yang dapat ditingkatkan yang dapat Anda upgrade jika perlu. Misalnya, rencana yang lebih kuat memungkinkan bisnis untuk melacak inventaris, menyiapkan laporan keuangan yang lebih personal, mengelola penggajian dan memilih opsi tambahan.

Bagaimana cara kerja perangkat lunak akuntansi?


Pertama, sinkronkan rekening bank dan kartu kredit Anda dengan perangkat lunak akuntansi. Jika ini berhasil dilakukan, transaksi akan secara otomatis muncul dalam perangkat lunak di mana Anda dapat mengkategorikannya.

Setelah kategori yang benar dipilih, transaksi akan mulai menghasilkan laporan keuangan bisnis.

Dengan informasi ini, pemilik bisnis dapat menjalankan laporan untuk meninjau profitabilitas, mengklarifikasi pendapatan dan pengeluaran, memeriksa saldo bank dan pinjaman, serta memperkirakan kewajiban pajak. Pelajari Cara membayar pajak lebih sedikit pada tahun 2022 | Rahasia Orang Dalam.

Selain itu, banyak program akuntansi yang memungkinkan integrasi aplikasi pihak ketiga. Misalnya, jika pemilik bisnis menggunakan sistem POS untuk mencatat transaksi penjualan, sistem POS berpotensi terintegrasi dengan perangkat lunak akuntansi untuk mencatat transaksi tertentu, pajak penjualan, penjualan berdasarkan kategori, dan lainnya.

10 aplikasi akuntasi terbaik untuk bisnis kecil


1. QuickBooks .


QuickBooks adalah aplikasi akuntasi dari Intuit. Menawarkan opsi berbasis cloud dan desktop yang dirancang untuk bisnis kecil dan menengah.

Dengan perangkat lunak ini, pembukuan Anda akan terorganisir di satu tempat dan memastikan bisnis Anda siap pajak sepanjang tahun

2. Xero


Ini adalah sistem akuntansi berbasis cloud dan berbasis web yang tidak memerlukan pengetahuan akuntansi sebelumnya.

Salah satu fitur paling khas dari Xero adalah Hubdoc, di mana Anda dapat mencatat faktur, tanda terima, melacak proyek dan pengeluaran.

Ini adalah perangkat lunak akuntansi yang bagus untuk bisnis kecil karena ada otentikasi dua langkah untuk melindungi data Anda, serta paket untuk kebutuhan bisnis yang berbeda.

3. FreshBooks

FreshBooks adalah perangkat lunak akuntansi bisnis kecil yang melayani kebutuhan bisnis kecil. Ini adalah perusahaan Kanada yang menawarkan layanan akuntansi yang komprehensif. Menggunakan perangkat lunak akuntansi dan penagihan berbasis cloud yang dapat diakses melalui telepon.

Software akuntansi ini menduduki peringkat teratas sebagai yang terbaik untuk bisnis kecil karena mudah digunakan oleh pemilik bisnis dengan sedikit atau tanpa pengalaman akuntansi.

4. Gelombang

Wave Accounting menyediakan solusi perangkat lunak dan layanan keuangan untuk bisnis kecil. Layanan akuntansi dan pembukuannya gratis.

Perlu diingat bahwa ada biaya tambahan untuk layanan penggajian dan pemrosesan kartu kredit. Oleh karena itu, tidak semua fitur gratis.

Ini memiliki layanan faktur, pemrosesan kartu kredit dan penggajian. Demikian pula, mudah digunakan dan dapat digunakan oleh pemilik bisnis tanpa pengalaman akuntansi. Semua data disimpan untuk keamanan ekstra, dan Anda dapat menghubungkan rekening bank untuk menyinkronkan pengeluaran Anda kapan saja dari mana saja.

5. sage

Sage adalah aplikasi/perangkat lunak akuntansi desktop untuk bisnis kecil yang memiliki alat bantu keuangan yang komprehensif dan opsi untuk menyesuaikan fitur.

Integrasinya dengan Microsoft 365 menjadikannya solusi hibrida. Ini telah menjadi perangkat lunak lokal pada hard drive yang dapat berbagi data dengan aplikasi melalui cloud.

Umumnya, akuntan Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengakses pembukuan Anda tanpa biaya tambahan.

6. Zoho Books

Software akuntansi bisnis kecil ini adalah sistem online yang memungkinkan Anda untuk melacak keuangan, membuat faktur, berkolaborasi dengan akuntan dan memiliki banyak produk.

Fitur tambahan mencakup perangkat lunak akuntansi, manajemen hubungan pelanggan (CRM), manajemen inventaris dan perangkat lunak manajemen sumber daya manusia.

7. GoDaddy

GoDaddy adalah nama yang sudah dikenal luas dalam hosting web dan pembuatan web, tetapi juga menawarkan sistem perangkat lunak akuntansi untuk bisnis kecil.

Perangkat lunak ini dirancang untuk bisnis e-commerce. Ini disinkronkan dengan Amazon, Etsy, eBay dan PayPal.

Perlu diingat bahwa ini mungkin tidak memberikan solusi akuntansi yang komprehensif untuk bisnis biasa, terutama mereka yang membutuhkan otomatisasi, formulir pajak, dan penggajian.

8. Aplikasi akuntansi sunrise


Sunrise adalah perangkat lunak akuntansi yang cocok untuk freelancer dan pedagang tunggal yang perlu melacak pendapatan, pengeluaran, dan akun mereka.

Bisnis kecil memerlukan pembukuan double-entry, tidak memerlukan laporan lengkap dan akses seluler.

9. Kasha


Kekuatan software akuntansi bisnis kecil ini adalah manajemen pendapatan dan pengeluaran serta dukungannya. Ini juga mudah digunakan, tidak berbelit-belit, dan pilihan yang sangat baik untuk bisnis yang tidak memerlukan pelacakan inventaris.

10. AccountEdge Pro


AccountEdge adalah perangkat lunak akuntansi desktop untuk bisnis kecil. Jika Anda perlu mengakses keuangan Anda saat bepergian, Anda dapat menggunakan platform berbasis cloud mereka.

Ini memiliki fitur dan kemampuan pelaporan yang tangguh, itulah sebabnya kami memilihnya untuk akuntan berpengalaman.

Kesimpulan


Bisnis Anda tidak harus besar sebelum Anda memulai pembukuan. Sebuah bisnis akan gagal jika Anda menskalakannya tanpa akuntansi yang tepat.

Waktu terbaik untuk memulai adalah sekarang. Dan kabar baiknya adalah bahwa ada perangkat lunak akuntansi bisnis kecil gratis yang tersedia.

Semua solusi terbaik kami memerlukan pengalaman akuntansi minimal, menyediakan opsi cadangan desktop dan cloud.

Tinggalkan komentar