Apa Itu PO Dalam Bisnis Online

Mungkin ada yang belum paham apa itu po dalam bisnis online , seringkali ketika kita berbelanja online akan muncul istilah PO yaitu kepanjangan dari kata Pruchase Order , DO yaitu Delivery Order dan juga CO yaitu Check Out .

Memang beberapa istilah-istilah ini di gunakan untuk proses pembelian , pesanan , pengiriman dan pembayaran barang secara online . dan untuk kali saya akan berfokus untuk membahas tentang apa itu PO dalam bisnis online .

Apa Itu PO Dalam Bisnis Online
Apa Itu PO Dalam Bisnis Online

Tentunya istilah ini akan sering Anda lihat saat berbelanja online , namun yang jarang membeli barang secara online akan bingung dan tak mengerti istilah ini maksudnya apa .

Arti Purchase Order ?  maksudnya apa ?

PO adalah singkatan dari Purchase Order  yang artinya suatu dokumen yang di buat oleh pembeli tentang pesanan barang yang akan di beli tentunya dengan kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli .

Untuk lebih mudahnya saat Anda berbelanja online , Anda telah memilih barang yang Anda inginkan dan akan melakukan  pembelian sampai proses checkout . nah setelah proses check out Anda akan melihat dokumen mengenai detail pesanan Anda yang akan di kirimkan oleh marketplace ( toko online tempat Anda belanja ) yang akan di kirimkan ke pihak penjual ( Seller ) . inilah yang di maksud dengan PO ( purchase order )  .

Apa itu PO dalam bisnis online

Tentunya jika Anda sudah paham mengenai apa itu po dalam bisnis online yang telah saya sebutkan di atas , yaitu pesanan yang Anda buat di marketplace misalnya . selanjutnya pesanan ini akan di proses sama penjual untuk proses packing dan juga pengiriman paket setelah Anda melakukan pembayaran dan sudah di konfrimasi pembayaran tersebut tentunya .

Beberapa informasi yang ada dalam Purchase Order :

1.    Identitas pembeli

Informasi yang akan di tampilkan dalam puchase order adalah mengenai nama pembeli barang  . tentunya hal ini akan menjadi acuan dan petunjuk saat proses pengiriman barang nantinya .

2.    Alamat pembeli

Informasi penting yang ada dalam purchase order selanjutnya alamat lengkap pembeli  barang . hal ini sangat penting jika Anda membeli barang secara online agar barang yang Anda beli akan terkirim dengan tepat kepada Anda .

Tanpa alamat lengkap nantinya kurir pengiriman akan kebingungan saat barang akan di kirim , bisa – bisa barang akan di pending karena pengantar barang tidak tahu alamat Anda .

3.    Detail barang yang akan di beli  

Di dalam purchase order ini juga akan menampilkan informasi detail tentang barang yang akan di beli . dari berat barang , warna barang , jenis barang mungkin juga ukuran barang akan ditampilkan  secara detail .

4.    Biaya barang yang telah di beli

Di dalam dokumen purchase order juga akan menampilkan biaya yang akan di keluarkan oleh pembeli beserta  biaya deliverynya yaitu biaya pengiriman barangnya sekalian .

Semuanya akan di tampilkan dengan lengkap yang nantinya seller akan mengetahui detail yang di pesan oleh pembeli setelah melakukan pembayaran .

5.    Nama Ekspedisi jasa pengiriman barang  

Didalam dokumen detail pesanan ini juga akan ditampilkan informasi mengenai ekspedisi pengiriman barang apa yang akan di gunakan . tentunya sebagai pembeli akan memilih ekspedisi yang biayanya paling murah dan cepat saat akan melakukan checkout barang yang di beli .

6.    Tanggal pesanan barang

Di purchase order  toko online / marketplace ini , nantinya juga akan muncul tanggal pesanan saat Anda order barang . akan di tampilkan dengan lengkap . selanjutnya jika sudah melakukan pembayaran .

Maka Anda bisa melacak proses pengiriman barang tersebut sudah sampai mana .dan juga ditampilkan tanggalnya  dan juga waktunya .

7.    Nomor telepon

Tidak ketinggalan di dokumen purchase order ini juga akan di cantumkan juga nomor telepon , yang sangat berguna sekali saat proses pembelian barang di lakukan untuk bisa melakukan kontak langsung dengan penjual nantinya sampai proses pengiriman.

Untuk saat ini proses pembelian barang secara online semakin mudah dan canggih dan jangan ragu untuk berbelanja online karena sistemnya sudah terpercaya . dan bisa meminimalisir penipuan dengan syarat Anda mengikuti jalur yang diberikan sistem .

Catatan : jangan pernah sekali-kali mentransfer dana Anda ke rekening di luar marketplace , karena banyak kasus penipuan karena konsumen marketplace diarahkan oleh penjual untuk mentransfer di luar jalur dengan alasan tertentu dengan berbagai alasan .

Jika Anda saat belanja online menemukan seller semacam ini , langsung skip saja , kemungkinan itu jaringan seller nakal yang ada di marketplace . jika hal itu terjadi maka Anda tidak akan bisa klaim uang Anda karena Anda sudah di luar jalur sistem marketplace yang sudah di tetapkan .

Artikel terkait apa itu po dalam bisnis online

Kesimpulan

Demikianlah sobat tentang apa itu po dalam bisnis online yang perlu Anda tahu dan apa saja informasi di dalam dokumen tersebut yang berguna untuk penjual dalam memproses barang yang sudah di pesan oleh pembeli .

Mungkin sekian dari saya , semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda semua . terimakasih .

Tinggalkan Komentar